SOLOPOS.COM - Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim memberikan sambutan pada pembukaan IOI 2022, di Yogyakarta, Selasa (9/8/2022). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyebut pihaknya memiliki tim yang bertugas membantu menyelesaikan persoalan kependidikan di Indonesia.

Tim bayangan beranggotakan 400 orang yang memiliki tugasnya masing-masing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami sekarang memiliki 400 orang product manager, software engineer, dan data scientist yang bekerja sebagai tim yang melekat untuk Kementerian,” kata Nadiem di sebuah forum di Amerika Serikat, dikutip dari unggahan akun Twitter @ShamsiAli2, Sabtu (24/9/2022).

Nadiem memastikan 400 orang tersebut bukan berasal dari vendor tertentu yang bekerja untuk Kemendikbudristek.

Baca Juga: Kemendikbudristek: Lulusan Kursus Bisa Melanjutkan ke Perguruan Tinggi

“Setiap product manager dan ketua tim posisinya hampir setara dengan Direktorat Jenderal yang beberapa di antaranya hadir di sini,” katanya dalam video yang sama.

Nadiem membeberkan tugas dari tim bayangan tersebut yakni memberikan masukan terkait desain produk kementerian.

Si pemilik akun Twitter @ShamsiAli2, Shamsi Ali  yang juga President of Nusantara Foundation & MFA pun mempertanyakan 400 orang yang disebutnya sebagai organisasi bayangan di Kemendikbud.

Baca Juga: Mantap! 5 Mahasiswa UKSW Dikirim Kuliah ke Universitas Top Luar Negeri

“Di Kementrian pendidikan ada shadow organization (organisasi bayangan) yang nampaknya menentukan segalanya. Apa organisasi itu? And who really the people in control? Kenapa harus ada organisasi shadow lalu Kementrian dan jajarannya jadi apa?” cuitnya.

Cuitan itu pun mendapat respons beragam dari warganet. Beberapa warganet membandingkannya dengan Satgas Khusus Merah Putih yang pernah ada di Polri.

“Dan beliau merasa hebat dengan adanya lembaga seperti Satgassus Merah Putih itu,” cuit salah seorang warganet.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Heboh Organisasi Bayangan Berisikan 400 Orang di Kemendikbud, Apa Tugasnya?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya