SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengecer solar (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kebijakan pemerintah soal pembelian pertalite dan solar nantinya harus pakai aplikasi MyPertamina membawa dampak pada nasib para penjual bensin eceran. Keberlangsung usaha penjual bensin eceran ini terancam dengan kebijakan ini.

Terkait hal itu, Wakil Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Solo, Suwardi Hartono Putro, mengaku belum bisa memastikan dampak kebijakan itu terhadap penjual bensin eceran.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Namun pada dasarnya pembelian BBM bersubsidi menggunakan jeriken harus menggunakan surat rekomendasi dari lurah atau kepala desa, terutama untuk keperluan petani. Sementara untuk pelaku usaha kecil menengah (UKM) harus surat rekomendasi dari Dinas Perdagangan (Disdag) setempat.

“Kami akan membantau dalam pengawasan penggunaan BBM bersubsidi. Kami juga membantu Pertamina menyosialisasikan penggunaan sistem MyPertamina agar BBM subsidi tepat sasaran,” katanya.

Baca Juga: Pembelian Pertalite dengan MyPertamina Akan Diuji Coba di Karanganyar

Sebelumnya diberitakan, PT Pertamina (Persero) akan melakukan uji coba pembelian pertalite dan solar menggunakan MyPertamina di lima SPBU di Kabupaten Karanganyar.

Agar bisa mengaksesnya, masyarakat pengguna bahan bakar minyak (BBM) pertalite maupun solar harus mendaftar di situs subsiditepat.mypertamina.id. Pendaftaran dibuka mulai 1 Agustus nanti.

Sales Branch Manager PT Pertamina Wilayah Yogyakarta, Raden Mas Januar Adi Prabowo, mengatakan uji coba pembelian pertalite dan solar menggunakan MyPertamina di Karanganyar masih menunggu instruksi pusat.

“Saat ini baru tahapan sosialisasi terkait penggunaan sistem MyPertamina,” kata dia dijumpai di sela Sosialisasi Subsidi Tepat dan Cara pendaftaran Pembelian BBM Bersubsidi di Pendapa Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Karanganyar pada Kamis (21/7/2022). Sosialisasi diikuti seluruh camat dan perwakilan Polsek di Kabupaten Karanganyar.

Baca Juga: Jangan Khawatir! Beli BBM Pakai MyPertamina Tak Harus Bawa HP

Januar mengatakan akan ada lima SPBU yang menjadi pilot project pembelian pertalite dan solar bagi pengguna yang sudah terdaftar di MyPertamina. Kelima SPBU ini masih belum ditetapkan di mana saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya