SOLOPOS.COM - Wakil Ketua MWA Prof Hasan Fauzi ditemani Sekretaris MWA Prof Tri Atmojo saat mengumumkan tiga nama calon rektor, Kamis (20/10/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo sudah memilih tiga nama yang akan menjadi calon Rektor UNS periode 2023-2028. Tiga nama tersebut menyingkirkan lima bakal calon lainnya yang sudah mempresentasikan visi dan misi mereka pada Senin (17/10/2022) lalu.

Tiga calon Rektor tersebut dipilih melalui voting dengan melibatkan 17 anggota MWA. Namun dan 17 suara yang dikumpulkan hanya 15 suara yang dinyatakan sah saat Rapat Pleno MWA.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepada para wartawan, Kamis (20/10/2022), Wakil Ketua MWA, Prof Hasan Fauzi, ditemani Sekretaris MWA, Prof Tri Atmojo, membeberkan tiga nama yang lolos penjaringan dan akan menjadi calon Rektor UNS Solo.

Tiga nama tersebut yakni Prof Dr rer nat Sajidan yang memperoleh delapan suara, Prof Dr I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani mendapatkan empat suara, dan terakhir Prof Dr Hartono dengan tiga suara.

Ketiga calon tersebut, nantinya bakal kembali memaparkan langkah-langkah atau strategi yang akan dilakukan untuk mewujudkan visi misi yang dibawa dalam Panel Kedua Pemaparan Visi dan Misi Calon Rektor UNS 2023-2028 pada Kamis (27/10/2022).

Baca Juga: 3 Calon Rektor UNS Solo Ditetapkan Hari Ini

“Ketiga calon rektor nanti akan diminta MWA untuk mempresentasikan strategi untuk mendapatkan visi misi yang diutarakan. Nanti tanggal 11 November akan diadakan Rapat Pleno MWA untuk memilih satu sebagai Rektor UNS,” jelas Prof Hasan.

Strategi Visi Misi Calon Rektor

Pada 27 Oktober, para calon Rektor UNS Solo akan memaparkan strategi penerapan visi misi di hadapan panelis yang hadir. “Nanti akan tanding strategi dari para calon dan akan di-review oleh panelis. Nanti setelah itu penilaian dari panelis akan dilaporkan ke MWA,” ujar Hasan.

Terkait sistem penilaian, Prof Hasan menjelaskan dalam rapat panelis anggota MWA, terlebih dahulu dilakukan musyawarah. Jika tidak membuahkan hasil atau belum mengerucut ke satu nama, baru dilakukan pemungutan suara atau voting.

Baca Juga: Guru Besar hingga Mahasiswa, Ini Profil 11 Panelis Pemilihan Rektor UNS Solo

“Kami akan utamakan musyawarah untuk memilih calon dan musyawarah di rapat pleno. Jika nanti belum bisa ketemu hasilnya baru menggunakan sistem voting. Jadi kalau sudah ada hasil dari musyawarah tidak perlu melakukan voting,” tutup Prof Hasan.

Seperti diberitakan, delapan bakal calon rektor UNS Solo yang dinyatakan lolos seleksi administrasi telah menyampaikan visi misi mereka dalam diskusi panel 1 yang digelar di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS Solo, Senin (17/10/2022).

Mayoritas mereka menyampaikan visi dan misi menjadikan UNS sebagai perguruan tinggi yang mendunia atau world class university.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya