SOLOPOS.COM - Pelantikan pejabat eselon II di Graha Personalia BKD, Rabu (6/10/2021). (Humas Pemkab Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI—Seratusan pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Wonogiri dimutasi secara besar-besaran pada Rabu (6/10/2021). Ini merupakan mutasi pejabat untuk kali pertama di periode kedua Bupati Wonogiri, Joko Sutopo.

Mutasi ini termasuk menggeser empat eselon II, yakni Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB dan P3A). Namun demikian, mutasi tersebut menyisakan kosongnya tujuh jabatan eselon II.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di sisi lain, pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat dilaksanakan di sejumlah lokasi berbeda untuk mencegah kerumunan yang berisiko terjadi penularan Covid-19. Beberapa tempat untuk pelantikan, yakni Graha Personalia Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan masing-masing kantor organisasi perangkat daerah (OPD).

Baca Juga: Objek Wisata di Klaten Dibuka, Pengunjung Dibatasi 2 Jam

Ekspedisi Mudik 2024

Jumlah aparatur sipil negara (ASN) yang terkena mutasi sebanyak 231 orang. Sebanyak empat orang di antaranya adalah eselon II, yakni Waluyo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Satpol PP menjadi Kepala Dinas Perhubungan, dan Sri Wahyu Widayatto semula Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menjadi Kepala Dinas Kearsipan.

Kemudian Adhi Dharma sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kesehatan menjadi Direktur RSUD dr Soediran Mangun Sumarso, dan Setya Rini semula menjabat Kepala Dinas PPKB dan P3A menjadi Kepala Dinas Kesehatan. Sedangkan lainnya, yakni 49 orang eselon III, 165 eselon IV, 12 kepala UPTD Puskesmas, dan 1 penyuluh pertanian ahli utama.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan sesuai regulasi setelah enam bulan dilantik sebagai bupati baru diperbolehkan melakukan pelantikan pejabat. Pada prinsipnya ini merupakan mutasi pertama setelah ia menjabat pada periode kedua.

Baca Juga: Pengunjung Wisata Air di Klaten Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi

“Promosi dan mutasi ini sebagai upaya untuk pemenuhan jenjang karier para ASN kami,” ujar dia, kepada wartawan, seusai pelantikan pejabat di Graha Personalia, BKD.

Bupati yang akrab disapa Jekek ini menjelaskan pelantikan jabatan para ASN dilakukan secara daring dari berbagai kantor OPD secara terpisah. Hal ini sebagai salah satu cara adaptasi di era pandemi Covid-19.

Pihaknya berharap dengan adanya mutasi tersebut ada budaya baru. Dalam hal ini, akuntabilitas publik untuk mengontrol proses mutasi dan seleksi. Jika ini berjalan dengan baik, maka ada pertanggungjawaban yang utuh untuk para ASN. Tujuannya adalah demi kinerja lebih baik sehingga melahirkan program yang lebih visioner demi Wonogiri menjadi luar biasa.

Baca Juga: Edukasi Bagi Homoseks LSL di Wonogiri Penting untuk Cegah HIV/AIDS

“Saya cukup puas dengan kinerja Dinkes, misalnya soal vaksinasi Covid-19. Maka, kami beri tanggung jawab lain. Apalagi di RSUD tidak kalah penting fungsi layanannya, apalagi kekosongannya sudah cukup lama. Kami beberapa kali melakukan seleksi, ternyata partisipan tidak terpenuhi,” papar dia.

 

Uji Kompetensi

Di sisi lain, mutasi ini menyisakan tujuh jabatan eselon II yang kosong. Dalam pekan ini pihaknya bakal menggelar uji kompetensi kalau ada yang memenuhi kualifikasi akan dilantik pada tahap berikutnya. Ini termasuk di dalamnya jabatan camat yang kosong.

“Level pimpinan harus ada seleksi, setelah ada izin Komite Aparatur Sipil Negara [KSN] baru seleksi,” imbuh dia.

Baca Juga: ANBK Level SMP di Wonogiri Terkendala Server Down

Di samping itu, tujuh pos kepala OPD yang masih kosong yakni, kepala BKD, kepala DLH, kepala Satpol PP, kepala Dinas PPKB dan P3A, kepala Dinas Pertanian dan Pangan, kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata, kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Sementara itu, Kepala Dishub Wonogiri, Waluyo, menambahkan pihaknya siap melaksanakan tugas baru yang diamanatkan kepadanya. “Tentu siap melaksanakan,” jelas dia.

 

Pelantikan 231 ASN

Eselon II               4

Eselon III              49

Eselon IV             165



Kepala Puskesmas           12

Jabatan Fungsional          1

 

Jabatan Kosong

-Kepala BKD

-Kepala DLH

-Kepala Satpol PP

-Kepala Dinas PPKB dan P3A

-Kepala Dinas Pertanian dan Pangan,

-Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata

-Kepala BPKAD

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya