[ X ] CLOSE

MUSRENBANG PONOROGO : Pemkab Ponorogo Fokuskan 6 Bidang Pembangunan, Apa Saja?

MUSRENBANG PONOROGO : Pemkab Ponorogo Fokuskan 6 Bidang Pembangunan, Apa Saja?
SOLOPOS.COM - Ratusan orang dari pemerintah kecamatan, kelurahan/desa, masyarakat, dan ormas mengikuti acara Musrenbang RPJMD di gedung Sasana Praja Ponorogo, Senin (2/5/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Musrenbang Ponorogo dilaksanakan untuk menentukan prioritas pembangunan.

Madiunpos.com, PONOROGO — Pemerintah Kabupaten Ponorogo memfokuskan pembangunan di Kota Reog dalam enam bidang selama lima tahun ke depan.

Enam bidang prioritas itu menjadi hasil dalam pembahasan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2016-2021.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, mengatakan selama lima tahun ke depan, Pemkab Ponorogo akan memfokuskan dalam program kesejahteraan masyarakat dan menciptakan SDM yang memiliki daya saing.

Pada tahun 2017 dengan program pembenahan infrastruktur dan modernisasi pertanian melalui pengembangan produk pertanian organik. Pada tahun 2018 difokuskan dalam peningkatan infrastruktur dan pengembangan agribisnis organik yang didukung SDM berkualitas.

Pada tahun 2019, kata Ipong, pembnagunan difokuskan pada pengembangan pariwisata berbasis alam, budaya, agama, dan agro industri yang didukung infrastruktur yang kuat.

Pada tahun 2020, pembangunan difokuskan pada penguatan ekonomi berbasis potensi daerah dan poduk unggulan. Sedangkan pada tahun 2021, pembangunan difokuskan dalam peningkatan kesejahteraan rakyat berbasis nilai-nilai agama dan budaya.

“Jadi setiap tahun ada prioritas pembangunan. Sehingga, permasalahan satu per satu akan terselesaikan. Tetapi, ketika dalam satu tahun itu prioritas di satu bagian, bukan berarti meninggalkan pembangunan yang lain,” jelas dia di acara Musrenbang RPJMD Kabupaten Ponorogo tahun 2016-2021 di gedung Sasana Praja, Senin (2/5/2016).

Ipong menyampaikan hasil Musrenbang RPJMD tersebut merupakan hasil dari diskusi panjang dari mulai unsur forum pimpinan daerah, perwakilan kecamatan, kelurahan/desa, tokoh masyarakat, dan ormas.

“Musrenbang RPJMD ini untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam mewujudkan pengelolaan infrastruktur strategis secara profesional agar memiliki daya dukung yang kokoh untuk menyokong produktifitas masyarakat. Selain itu juga untuk menata kawasan yang nyaman untuk semua dengan ketersediaan ruang publik yang memadai serta berwawasan lingkungan,” terang dia.

Wakil Bupati Ponorogo, Soejarno, menambahkan dalam pembangunan wilayah Ponorogo lima tahun mendatang sudah disiapkan berbagai bentuk kegiatan yang sesuai dalam prioritas. Dia mencontohkan untuk mengembangkan potensi daerah, Pemkab akan menyiapkan sertifikasi keahlian reog.

Sertifikasi itu akan diberikan kepada orang yang benar-benar ahli dalam kesenian reog. Ini juga berkaitan dengan telah ditetapkannya reog sebagai kesenian khas ponorogo oleh Kementerian Hukum dan HAM tahun 2004 silam. Sehingga, negara atau daerah lain tidak bisa mengklaim reog sebagai kesenian mereka.

“Saat ini baru dirancang konsep sertifikasinya seperti apa. Nantinya tidak ada reog desa mana, tetapi yang ada hanya reog Ponorogo,” jelas dia.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago