SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memberikan penghargaan kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dalam Musrenbang Perubahan RPJMD 2018-2023 di Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Rabu (14/4/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG -- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng menerima sekitar 27.808 usulan dari masyarakat terkait perencanaan pembangunan Jateng. Usulan itu disampaikan dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Perubahan RPJMD Jateng 2018-2023 dan RKPD 2022 yang digelar secara virtual dan offline di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Rabu (14/3/2021).

Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng, Prasetyo Aribowo, mengatakan terdapat 27.808 usulan perencanaan pembangunan dari masyarakat yang masuk. Total anggaran dari usulan yang disampaikan warga itu mencapai Rp31,7 triliun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Usulan itu terdiri dari usulan bantuan kabupaten/kota dan desa mencapai Rp8,2 triliun, usulan sektoral kabupaten/kota Rp8,4 triliun, pokir DPRD Rp4,5 triliun, musrenbang desa Rp43,1 miliar dan usulan dari masyarakat lainnya Rp10,4 triliun. Total ada 27.808 usulan dengan anggaran Rp31,7 triliun," kata Prasetyo.

Baca juga: Balai Bahasa Provinsi Jateng Dukung Pengembangan Kurikulum Bahasa Jawa

Usulan dari masyarakat itu, lanjut Prasetyo, kemungkinan akan bertambah di Musrenbang Jateng. Hal ini mengingat batas waktu memberikan masukan dan usulan dari warga ditutup Kamis (15/4/2021).

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengapresiasi peran serta masyarakat dalam perencanaan pembangunan daerah dengan memberikan usulan. Meski demikian, Ganjar mengaku tidak bisa memenuhi semua usulan tersebut.

"Usulan itu angkanya sudah melebihi kapasitas anggaran. Maka nanti keputusannya tinggal politik. Dari eksekutif dan legislatif akan bicara," ujar Ganjar.

Baca juga: Ngabuburit Asyik Bisa Diadakan di Candi Borobudur dan Prambanan

Ganjar menerangkan karena anggaran Pemprov Jateng tidak bisa menampung seluruh usulan warga di Musrenbang Jateng itu. Maka nanti akan diputuskan berdasar skala prioritas.

Meski demikian, Ganjar meminta agar semua usul dan masukan masyarakat itu dimasukkan dalam sistem dan transparan.

Selain Musrenbang Jateng, dalam acara itu juga dilakukan pemberian penghargaan pembangunan daerah kepada bupati/wali Kota. Penghargaan diserahkan langsung Gubernur Ganjar ke Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, dan Wali Kota Magelang, M. Nur Aziz, serta sejumlah bupati lainnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya