SOLOPOS.COM - Ilustrasi. AC Mobil tidak dingin. (Autofun.co.id)

Solopos.com, SOLO — Memasuki musim kemarau selain bersiap dengan udara panas, Anda juga memperhatikan beberapa hal untuk mobil Anda agar tidak terdampak suhu panas.

Untuk itu ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar mobil kesayangan tidak terlalu terdampak suhu panas. Berikut langkahnya dikutip dari Cintamobil.com

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Buka kaca dan talang air

Apabila mobil terpaksa parkir di luar ruangan dengan kondisi panas terik, manfaatkan talang air alias door visior yang ada di mobil Anda untuk mengurangi suhu panas.

Anda bisa membuka sedikit kaca jendela mobil di antara door visor tersebut. Tujuannya agar kondisi kabin tidak terlalu panas dan udara bersirkulasi ke dalam kabin.

Baca juga: Tips Memilih Jaket Perlengkapan Safety Riding

Hendak menyalakan AC, buka kaca

Suhu panas di luar bisa berimbas ke suhu kabin, sehingga saat hendak digunakan dan menyalakan AC, buka semua jendela terlebih dahulu.

Udara panas dialirkan keluar dengan blower AC mobil, setelah itu ketika suhu berangsur normal baru atur suhu pendingin udara di level maksimum agar kabin dingin optimal.

Jangan ada botol plastik

Botol plastik di dalam kabin saat berada di bawah terik matahari, dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Keluarga botol plastik saat memutuskan parkir di bawah panas terik.

Baca juga: Ini Kriteria Mobil Yang Boleh Pakai Pertalite, Apa Saja?

Cek kondisi AC Mobil

Sebaiknya cek kondisi AC mobil, caranya cukup atur suhu optimum dan nyalakan blower lalu letakkan tangan Anda di depan kisi AC, jika terasa dinginnya menusuk, dipastikan AC mobil dalam kondisi prima untuk menghadapi suhu panas.

Cover mobil

Ketika hendak parkir lama, gunakan cover alias sarung mobil. Sesuaikan dengan dimensi mobil Anda, umumnya terdapat 4 ukuran, yakni S (Small), M (Medium), L (Large), dan XL (Xtra Large).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya