SOLOPOS.COM - Petani di Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, menunjukkan tomat yang rusak akibat terserang hama, kemarin. (Abdul Jalil/Solopos.com)

Solopos.com, MADIUN — Musim kemarau basah yang terjadi hingga kini membuat petani tomat di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, terancam merugi. Hal ini karena sebagian besar tanaman mereka rusak diserang organisme pengganggu tanaman.

Bukan hanya merusak tanaman, buah tomat yang dihasilkan pun banyak yang rusak dan membusuk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Musim kemarau basah yang berlangsung hingga kini memicu tumbuhnya organisme perusak dan pengganggu tanaman.

Seorang petani tomat di Kecamatan Kebonsari, Jaenuri, mengatakan tanaman tomat yang ada di lahannya banyak yang membusuk. Pembusukan tomat itu dikarenakan adanya serangan organisme pengganggu tanaman berupa bakteri dan virus.

Baca Juga: Geger! Sosok Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Kali Madiun

“Ini tanamannya banyak yang layu dan mati. Kemudian buahnya membusuk dan rontok,” kata dia, kemarin.

Sebenarnya, kata dia, sudah memberi tanamannya dengan beragam obat untuk membasmi penyakit yang menerpa tanamannya. Namun, sejauh ini pemberian obat tersebut tidak berhasil.

Jaenuri menyampaikan pada masa tanam ini dirinya merugi karena hasil panen menurun drastis. Padahal, biasanya sekali panen bisa menghasilkan tiga kwintal tomat. Namun, kini menurun kurang dari satu kwintal.

Baca Juga: PPDB 2022, 5 SMPN di Kota Madiun Kekurangan Murid

“Ya rugi ini. Padahal ini harga tomat sedang naik, harganya Rp15.000 per kilogram di pasaran,” jelas dia.

Kabid Hortikultura Disperta Kabupaten Madiun, Supriyadi, mengimbau kepada petani supaya selalu mengantisipasi serangan organisme pengganggu tanaman di masa pergantian musim. Terlebih saat musim kemarau basah seperti sekarang.

“Organisme pengganggu tanaman ini bukan hanya menyerang tanaman tomat saja. Tetapi juga kerap kali menyerang tanaman lain, seperti cabai,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya