SOLOPOS.COM - Petugas PLN UID Jateng-DIY saat memasang sambungan listrik di rumah warga kurang mampu di Grobogan, Kamis (28/11/2019). (Semarangpos.com-Humas PLN UID Jateng-DIY)

Solopos.com, SOLO -- Datangnya musim hujan tak hanya menimbulkan ancaman banjir. Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika musim hujan tiba adalah keamanan instalasi listrik di rumah, khususnya saat terjadi hujan angin atau gangguan lain.

PLN Surakarta melalui akun Instagram @plnsurakarta_id, Rabu (1/1/2020), menjelaskan lima cara yang bisa dilakukan agar listrik di rumah aman dari bahaya korsleting saat hujan dan banjir.

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

  1. Jika hujan lebat dan terjadi banjir, segera matikan alat pemutus rangkaian listrik (MCB) atau saklar pemutus arus listrik (ELCB) agar aliran listrik di dalam rumah mati seluruhnya.
  2. Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung ke stop kontak dan jangan memegang kabel yang terkelupas atau terbuka.
  3. Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi.
  4. Bila listrik tidak padam saat kondisi banjir, segera hubungi PLN 123 agar segera dilakukan pemadaman.
  5. Hubungi instansi terkait penanggulangan bahaya banjir.

Baca Juga: Banjir Kepung Jakarta, Hotman Paris Unggah Video Ceramah Anies Baswedan Soal Sunatullah

Ekspedisi Mudik 2024

Jika banjir sudah surut, pastikan semua peralatan elektronik maupun instalasi listrik dalam keadaan kering. Selain itu, penormalan listrik dapat dilakukan setelah instalasi listrik dipastikan kering serta ada penandantanganan berita acara yang disaksikan oleh ketua RT/RW atau tokoh warga setempat.

PLN juga akan memadamkan listrik jika rumah pelanggan dan gardu distribusi terendam air.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by UP3 Surakarta (@plnsurakarta_id) on

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya