SOLOPOS.COM - Kita harus menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi dan musim hujan (ilustrasi /Freepik)

Solopos.com, SOLO – Sebagian besar wilayah di Indonesia sudah diguyur hujan. Masyarakat tentunya harus bersiap untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar selama musim penghujan. Selain itu, bakteri dan virus yang menjadi lebih aktif sehingga mudah menyebar selama musim penghujan, juga perlu diwaspadai.

Selain mewaspadai virus corona, masyarakat juga harus waspada teradap beberapa penyakit seperti flu dan sebagainya yang sangat mudah menyerang ketika musim hujan. Tak hanya itu, pelatih kesehatan dan ahli gizi, Kavita Devgan juga menjelaskan polusi bisa memperburuk gangguan pernapasan dan sangat penting untuk fokus pada kekebalan tubuh seseorang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk itu, cobalah untuk menerapkan beberapa tips berikut agar kalian tidak mudah terserang penyakit saat musim hujan di tengah pandemi, seperti yang dilansir dari suara.com dan okezone.com.

Al Azhar Icon, Hunian Vertikal Modern Berkonsep Islami Di Solo

Selalu bawa atau kenakan perlengkapan hujan

Pastikan selalu membawa payung dan perlengkapan hujan lainnya agar dapat terlindungi dari air hujan. Mengenakan sepatu bot juga dianjurkan selama musim hujan untuk melindungi diri dari kemungkinan virus dan kuman yang dapat ditemukan di daerah banjir dan genangan air hujan.

Lindungi rumah dari nyamuk

Periksa rumah dari genangan air, dengan memulai dari tempat-tempat yang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk seperti selokan, pot tanaman, dan area lainnya. Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Malaria sering terjadi selama musim hujan, jadi jangan lupa untuk menggunakan pengusir serangga.

Sering cuci tangan

Bakteri lebih aktif selama musim ini karena lingkungan yang lembab, oleh karena itu penting untuk mencuci tangan sebelum makan, menyentuh wajah, dan menggendong anak. Jangan lupa siapkan hand sanitizer atau alkohol dalam tas.

Tetap update

Jangan lupa untuk tetap melihat berita, mendengarkan radio, dan memantau media sosial yang memperbarui ramalan cuaca. Sebab, hal ini akan membantu kalian untuk mempersiapkan perjalanan dan menghindari area yang mengalami banjir.

Rumah Lebih Sehat Dengan Cross Ventilation, Seperti Apa?

Jangan hindari dokter

Para ahli menyarankan orang untuk tetap waspada, karena gejala awal virus corona dan flu biasa sama. Karena itu, sulit untuk membedakan antara virus corona Covid-10 dengan demam normal secara klinis. Tapi, Dr Ambanna Gowda, konsultan penyakit dalam, menyarakan untuk mengunjungi dokter bila gejala pilek, sakit tenggorokan dan sakit kepala berlanjut lebih dari 3 hari.

Konsumsi makanan seimbang

Kunci menjaga tubuh tetap sehat dan meningkatkan kekebalan tubuh adalah pada makanan yang dikonsumsi. Preety Tyagi, ahli nutrisi dan kebugaran, mengatakan tiga nutrisi teratas untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah vitamin C, seng dan zat besi.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah jeruk, kiwi, jambu biji, paprika dan brokoli dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara itu, kekurangan seng dalam tubuh bekaitan dengan peningkatan kerentanan tubuh terhadap pneumonia dan infeksi lain pada anak-anak serta orang tua.

Sedangkan untuk mendapatkan zinc yang cukup, kalian disarankan makan telur, unggas, sereal, kacang-kacangan, buncis dan kacang-kacangan.

Tak hanya dengan menerapkan seluruh tips di atas, pakar kesehatan juga tetap menyarankan untuk menjalani protokol kesehatan yang benar, seperti memakai masker, menjaga jarak sosial dan mencuci tangan teratur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya