SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI — Pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan menjadi masalah klasik tiap musim haji tiba di kawasan kompleks Asrama Haji Donohudan (AHD), Ngemplak, Boyolali. Pada paruh pertama musim haji 2019 sampah sudah berserakan di sekitar kompleks yang tak jauh dari kawasan Bandara Adi Soemarmo itu.

Sampah paling banyak ditemukan di jalan sisi timur AHD dan tempat parkir di belakang gedung utama. Sebagian besar sampah tersebut berupa bungkus makanan dan daun-daun kering.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pantauan Solopos.com, Minggu (28/7/2019), sampah memang banyak tersebar di sekeliling pedagang makanan dan minuman. Tempat itu pula yang biasanya menjadi jujugan para pengantar jemaah haji. Apalagi di sana banyak terdapat pedagang makanan dan minuman. Selain dari pengantar jemaah, sampah juga berasal dari aktivitas pasar malam yang ada di lokasi yang sama.

Tidak hanya sepanjang jalan, sampah plastik juga terlihat masuk ke area persawahan, selokan, dan parit yang semestinya menjadi jalur mengalirnya air. “Sampah yang menumpuk ini memang terjadi setiap tahun,” tutur warga Donohudan, Suryawan.

Seorang pedagang di kios sisi timur AHD, Anton, menyebut pengelolaan sampah memang minim tanggung jawab. Pasalnya, Anton mengaku tidak pernah ada penarikan uang kebersihan ataupun kesepakatan tempat pembuangan sampah.

Selama musim haji Anton hanya dibebani biaya sewa kios sebesar Rp750.000. Dia tidak mengetahui apakah biaya itu sudah termasuk biaya kebersihan atau tidak. “Jadi pedagang di sini hanya memungut sampah yang ada di sekitar lapaknya, kalau yang sampai tepi jalan kami enggak tahu,” ujar dia.

Sementara itu, Kasubbag Humas dan Protokol Embarkasi Donohudan, Agus Widakdo, menyebutkan pengelolaan ruang tunggu, parkir mobil pengantar jemaah, dan kios di sisi timur menjadi wewenang desa. Bagian itu pula yang mendatangkan PAD bagi pemerintah desa Donohudan selama musim haji.

Sekdes Donohudan, Hartono, mengatakan seluruh pengelolaan ruang tunggu dan PKL selama musim haji sudah diserahkan kepada pemenang lelang. “Sementara untuk kebersihan, kami sudah melakukan imbauan kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya