SOLOPOS.COM - Penampilan Justlicious di pelataran Balai Soedjatmoko, Kamis (15/8/2013) malam. Gelaran Jazzin Lebaran #5 itu menghadirkan sejumlah pecinta dan musisi jaz dari Solo, Jogja, Semarang, Sragen, Jakarta, dan Surabaya. (Mahardini Nur Afifah/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Hujan yang mengguyur Kota Solodi, Kamis (15/8/2013) malam, tak menyurutkan antusiasme publik untuk menyaksikan Jazzin Lebaran #5. Untaian air hujan bahkan terasa membuat acara yang digelar sejak pukul 15.00 WIB hingga tengah malam di pelataran Balai Soedjatmoko, Jl Slamet Riyadi, Solo itu terasa semakin romantis.

Di bawah rintik hujan yang mengguyur Kota Bengawan, suara Monica Dyah Paramitha yang membawakan lagu swing jazz Autumn Leaves bersama para musisi Dyah ‘n Friends bahkan terasa semakin merdu. Malam itu, Dyah tampil diringi permainan saksofon Donna Koeswinarso, Andre (drum), Aryo (bas), dan Ganggeng (gitar). Lima musisi jaz Jakarta ini pulang kampung ke Solo untuk memeriahkan gelaran tahunan Jazzin Lebaran #5.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Autumn Leaves yang dianggap sebagai lagu standar musik jaz itu tidak dimainkan sebagaimana permainan aslinya. Di tangan kuintet ini, lagu garapan Joseph Kosma yang biasanya dimainkan di time signature 4/4, diaransemen dalam warna musik yang berbeda di time signature 7/8.

Ekspedisi Mudik 2024

Lagu kedua, There is No Greater Love, yang dibawakan Dyah ‘n Friends malam itu juga terasa berbeda. Lagu swing jazz ciptaan Isham Jones itu kental dengan suara Dyah yang jazzy.

Selain menghadirkan lagu-lagu jaz klasik Barat, gelaran ini juga menampilkan lagu-lagu jaz yang lebih populer di telinga orang awam. Salah satunya penampilan Justlicious asal Sragen yang lebih “ringan” dengan membawakan lagu Balap Mobil yang dipopulerkan Naif.

Di tangan Rosita (vokal), Dabes (gitar), Hendra (gitar), Yusuf (piano), Baskoro (bas), dan Ansa (drum), lagu pop garapan David dkk. ini diaransemen ulang dengan musik jaz. Band yang baru terbentuk pada 2013 ini juga membawakan sejumlah lagu pop yang digarap dengan nuansa jazzy seperti Heaven dari Maliq and D’Essensials, Pergilah dari Raisa, Sinari Hari dari Park Drive, dan Moving On dari Andien.

Pergelaran yang dihelat dalam suasana Lebaran ini juga kental nuansa silaturahmi. Tak jarang musisi dan penggemar jaz dari sejumlah daerah saling bertegur sapa dan melepas kangen dalam ajang tahunan ini. Para musisi asal Solo, Semarang, Jogja, Sragen, Jakarta, dan Surabaya ini berbagi suka dalam satu selera. Tepat saat pergantian hari, gelaran ini ditutup dengan penampilan bersama para musisi jaz dari berbagai daerah yang kebetulan sedang pulang kampung.

Ketua penyelenggara Jazzin Lebaran #5, Daniel Hibrianto, mengutarakan penyelenggaraan konser jaz tahunan ini lebih meriah dibandingkan penyelenggaraan tahun sebelumnya. “Kali ini performer-nya lebih banyak, jam main lebih panjang. Kami berharap event ini lebih semarak lagi ke depan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya