Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

MUSIK INDONESIA : Menpora: Bank Musik Jamin Keamanan Musisi

SHARE
MUSIK INDONESIA : Menpora: Bank Musik Jamin Keamanan Musisi
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergelaran musik keroncong (JIBI/Solopos/Dok.)

Musik Indonesia, kehadiran bank musik akan menjamin keamanan bagi musisi Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA–Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan lagu-lagu yang nantinya masuk di Bank Musik akan terjamin keamanannya.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Sudah saatnya pemerintah mendorong secara serius tumbuhnya ekonomi kreatif di bidang industri musik. Salah satunya dengan terlebih dahulu segera mengantisipasi pembajakan melalui Bank Musik,” ujar dia seperti dilansir Antara, Kamis (10/3/2016).

Imam Nahrawi mengemukakan untuk menghindari sejumlah potensi pembajakan yang mungkin terjadi, kelak Bank Musik yang diinisiasi pemerintah sebagai tempat pengumpulan, pelestarian, dan pengembangan musik dan lagu di Tanah Air ini, akan dilengkapi dengan sistem yang mengatur peredaran musik, sehingga menutup celah para pembajak untuk memproduksi kepingan lagu ilegal.

Selain itu, Menpora juga menyampaikan wadah yang dirancang untuk menjadi terobosan perlindungan musik nasional tersebut, akan turut mendapat pengawasan yang dilakukan secara profesional.

“Seluruh musik yang diproduksi akan mendapat jaminan, baik jaminan keamanan maupun jaminan transaksi, sehingga sekecil apa pun transaksi yang dilakukan, nanti tidak lepas dari kontrol yang dilakukan secara profesional di Bank Musik,” tambahnya.

Dengan adanya upaya pengurangan pembajakan dan pemenuhan hak royalti ini, para musisi Tanah Air diharapkan dapat lebih bergairah dalam menciptakan lagu, baik berlatar belakang musik tradisional maupun musik modern.

“Jika persoalan ini ditangani dengan serius, maka industri musik akan menjadi pundi-pundi bagi kas negara. Apalagi jika dikelola dengan baik di era digital seperti sekarang ini, industri musik diyakini akan semakin berkontribusi untuk negara,” tambahnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode