SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergelaran musik keroncong (JIBI/Solopos/Dok.)

Musik Indonesia, kehadiran bank musik akan menjamin keamanan bagi musisi Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA–Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan lagu-lagu yang nantinya masuk di Bank Musik akan terjamin keamanannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sudah saatnya pemerintah mendorong secara serius tumbuhnya ekonomi kreatif di bidang industri musik. Salah satunya dengan terlebih dahulu segera mengantisipasi pembajakan melalui Bank Musik,” ujar dia seperti dilansir Antara, Kamis (10/3/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Imam Nahrawi mengemukakan untuk menghindari sejumlah potensi pembajakan yang mungkin terjadi, kelak Bank Musik yang diinisiasi pemerintah sebagai tempat pengumpulan, pelestarian, dan pengembangan musik dan lagu di Tanah Air ini, akan dilengkapi dengan sistem yang mengatur peredaran musik, sehingga menutup celah para pembajak untuk memproduksi kepingan lagu ilegal.

Selain itu, Menpora juga menyampaikan wadah yang dirancang untuk menjadi terobosan perlindungan musik nasional tersebut, akan turut mendapat pengawasan yang dilakukan secara profesional.

“Seluruh musik yang diproduksi akan mendapat jaminan, baik jaminan keamanan maupun jaminan transaksi, sehingga sekecil apa pun transaksi yang dilakukan, nanti tidak lepas dari kontrol yang dilakukan secara profesional di Bank Musik,” tambahnya.

Dengan adanya upaya pengurangan pembajakan dan pemenuhan hak royalti ini, para musisi Tanah Air diharapkan dapat lebih bergairah dalam menciptakan lagu, baik berlatar belakang musik tradisional maupun musik modern.

“Jika persoalan ini ditangani dengan serius, maka industri musik akan menjadi pundi-pundi bagi kas negara. Apalagi jika dikelola dengan baik di era digital seperti sekarang ini, industri musik diyakini akan semakin berkontribusi untuk negara,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya