SOLOPOS.COM - Seperangkat gamelan yang menjadi koleksi di Museum Tosan Aji, Kabupaten Purworejo. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, PURWOREJO — Berkunjung ke Purworejo, Jawa Tengah (Jateng) tak lengkap rasanya jika tidak singgah ke Museum Tosan Aji. Museum yang terletak di Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 70 itu menyimpan ribuan benda pusaka, salah satunya adalah gamelan milik Sri Susuhan Pakubowono VI.

Gamelan yang diperkirakan berusia lebih dari tiga abad, tepatnya 380 tahun itu tersimpan rapi di Museum Tosan Aji Purworejo. Gamelan itu merupakan hadiah Sri Susuhan Pakubuwono VI kepada Bupati pertama Purworejo, Tjokro Nagoro.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Dikutip dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, Museum Tosan Aji di Purworejo tidak hanya menyimpan koleksi gamelan dari Pakubuwono VI. Di museum ini juga tersimpan berbagai benda pusaka atau senjata berupa keris, pedang, tombak, hingga celurit.

Ekspedisi Mudik 2024

Di sini pengunjung bisa menyaksikan tosan aji peninggalan zaman-zaman kerajaan mulai dari Majapahit, Pajajaran, hingga Mataram. Oleh karenanya, tak heran bila sejumlah tosan aji di museum ini berusia ratusan tahun. Bahkan ada yang berusia 8 abad dan berasal dari Kerajaan Pajajaran pada abad ke-12.

Di Museum Tosan Aji Purworejo ini, wisatawan juga bisa menengok pedang katana yang berasal dari Jepang dan berusia 500 tahun. Konon, hanya orang yang memiliki tenaga dan mampu mengendalikan pedan itu untuk dipakai sebagai ikat pinggang.

Baca juga: Profil PB VI yang Patungnya Berdiri Setinggi 3,5 Meter di Selo Boyolali

Selain itu, di museum ini juga ada koleksi tombak bernama Upastinatah Kalacakra dari Kerajaan Majapahit. Tombak tersebut diberikan oleh Menteri Dalam Negeri periode 1983-1988, Soepardjo Rustam, yang juga memprakarsai pendirian Museum Tosan Aji di Purworejo.

Jika ditotal, Museum Tosan Aji memiliki 1.100 lebih bilah tosan aji. Namun, tidak semua koleksi itu dipajang dan hanya waktu-waktu tertentu saja dipamerkan.

Sekadar informasi, Museum Tosan Aji semula berada di Pendapa Kawedanan, Kutoarjo, pada tahun 1987. Namun, 14 tahun kemudian atau tepatnya 10 Juni 2001, Museum Tosan Aji dipindah ke Purworejo.

Baca juga: Peminat Pusaka Meningkat, Lulusan Bidang Keris Banyak Dicari

Lokasi Museum Tosan Aji ini juga mudah dijangkau. Lokasinya berada di dekat Alun-alun Kota Purworejo, yang juga dikenal sebagai alun-alun terluas di Jawa Tengah (Jateng). Museum ini menempati bangunan bekas pengadilan pada masa Hindia Belanda.

Wisatawan yang ingin menyaksikan berbagai koleksi benda pusaka di Museum Tosan Aji Purworejo ini cukup membayar Rp10.000 sebagai tiket masuk. Musiem ini buka setiap hari, kecuali hari libur nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya