SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

ILUSTRASI (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

SRAGEN--Jumlah pengunjung Museum Sangiran melonjak hingga 400% selama liburan sekolah yang dimulai awal pekan ini

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Seksi (Kasi) Pemanfaatan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Sukron Edi, menjelaskan lonjakan pengunjung yang signifikan tersebut cukup membuat pengelola musem kewalahan. “Saking banyaknya pengunjung, lahan parkiran tidak mampu menampung semua kendaraan yang datang,” jelasnya ketika ditemui Solopos.com, Jumat (29/6/2012).

Berdasarkan data dari sistem kontrol pengunjung yang dipasang di pintu masuk ruang display museum, jumlah pengunjung per harinya selama liburan kali ini rata-rata mencapai angka 2.000 orang, sedangkan pada hari biasa rata-rata pengunjung hanya sekitar 500 orang. “Peningkatan pengunjung tersebut sangat drastis, untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung tersebut akhirnya kami harus mengontrol arus pengunjung, supaya tidak terjadi penumpukan,” jelasnya.

Pihak pengelola Museum Sangiran akhirnya menggunakan strategi pemutaran film untuk setiap rombongan, dan bergantian hingga satu rombongan menyelesaikan kunjungan ke ruang display koleksi museum. “Jadi rombongan pengunjung harus bergantian, di awali dengan nonton film lalu mengunjungi ruang display sampai selesai,” paparnya.

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung, Museum Sangiran sering mengikuti pameran di berbagai kota di Jawa, salah satunya adalah pameran yang diselenggarakan PT. Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah. Kegiatan dalam rangka Jateng Fair 2012 itu diselenggarakan Jumat-Sabtu (28/6-8/7). “Kami sudah mempersiapkan berbagai koleksi pada pameran itu, harapannya agar banyak masyarakat yang kenal dan tertarik pada Museum Sangiran,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya