SOLOPOS.COM - Museum Sangiran (JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum)

Museum Sangiran (JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum)

SRAGEN- Komisi B DPRD Jawa Tengah meninjau destinasi (tempat tujuan wisata) promosi ke Museum Sangiran, Desa Krikilan, Kalijambe, Sragen ,Selasa(24/4/2012). Hal ini dilakukan menyusul akan disusunnya PERDA yang baru mengatur tentang rencana induk pengembangan kepariwisataan (RIPK) Provinsi Jateng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perda ini akan menjadi rujukan dan payung hukum RIPK di Kabupaten. Ketua komisi B DPRD Jateng, Mochamad Wasiman, saat ditemui solopos.com mengatakan acara ini bertujuan untuk mengembangkan jaringan destinasi di wilayah Jateng.

Saat ini di Jateng terdapat empat sub destinasi nasional meliputi  Borobudur-Jogja, Destinasi Semarang-Karimunjawa, Destinasi Solo-Sangiran dan Destinasi –Nusakambangan.

Anggota DPRD, Samirun menambahkan, ada empat hal  inti dari penyusunan RIPK  meliputi  destinasi pariwisata, destinasi industri, pemasaran dan kelembagaan, hal ini dilakukan untuk mewujudkan  destinasi pariwisata utama di Indonesia.

Pihak BPSMP, Rus Mulia menjelaskan pembangunan  pendukung bangunan utama di Krikilan akan dibangun kembali tiga Cluster pendukung yang di tempatkan di wilayah Ngebung, Bukuran dan Dayu.  Namun masih ada permasalahan pembebasan lahan untuk  pembangunan cluster di wilayah tersebut yang belum selesai. Luas di pembebasan lahan di wilayah Bukuran seluas 9.000m2 dan Ngebung 1.000 M2.

Sementara anggota  Komisi B DPRD Jateng, Merry Merlina mengungkapkan, dana Rp800 juta untuk proyek destinasi tahun ini sudah dikucurkan, karena proyek Cluster Dayu sudah dimulai tahun ini. Dia Harapan pada 2014 pembangunan  ketiga Cluster pendukung tersebut  selesai dan bisa  diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya