SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung tengah melihat koleksi yang dipajang di Museum Kretek Kudus. (Solopos.com-Antara)

Solopos.com, KUDUS — Museum Kretek di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), menambah benda koleksi untuk dipamerkan. Barang koleksi yang baru saja ditambahkan itu adalah delapan alat untuk pengemasan rokok kretek dan rokok klobot, sumbangan dari sebuah perusahaan rokok di Kudus.

“Dari delapan alat tersebut, sebanyak enam alat di antaranya untuk mengemas rokok kretek dan dua untuk mengemas rokok klobot,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Kretek dan Taman Budaya Kudus, Yusron, Rabu (3/82-22_/

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Koleksi baru dari Pabrik Rokok Sukun tersebut, kata dia, sudah diterima pada 16 Juni 2022. Sedangkan saat ini masih dalam tahap inventarisasi.

Langkah selanjutnya, yakni dilakukan konservasi dan kajian koleksi yang baru diterima tersebut, sehingga bisa diketahui arti dari masing-masing alat tersebut.

“Setelah diketahui makna dan sejarah alat tersebut, kemudian diseminarkan baru bisa diputuskan koleksi baru tersebut akan dipajang atau disimpan di tempat penyimpanan koleksi museum,” ujarnya.

Baca juga: Mengulik Sejarah Rokok di Museum Kretek

Sementara total koleksi yang dimiliki Museum Kretek Kudus, kata dia, masih dalam tahap inventarisasi. Sedangkan hasil inventarisasi sejak tahun 2021 hingga saat ini yang tercatat sebanyak 895 koleksi.

Dari ratusan koleksi tersebut, sekitar 70 persen merupakan koleksi rokok dengan berbagai merek dari tahun ke tahun dan dari berbagai pabrik rokok di Kudus.

Agus Sarjono, perwakilan dari Pabrik Rokok Sukun membenarkan adanya hibah peralatan pengemasan rokok yang sebelumnya digunakan PR Sukun kepada Museum Kretek Kudus.

Baca juga: PR Sukun Salurkan Ribuan Alat Pelindung Diri

Hibah tersebut, kata dia, bertujuan untuk melengkapi proses produksi pembuatan rokok kretek, sehingga pengunjung bisa melihat proses produksi rokok secara lengkap dari awal hingga akhir menjadi sebuah produk rokok yang siap dipasarkan.

“Narasinya setiap koleksinya tentu juga harus lengkap, agar alat produksi yang dipamerkan juga mudah dipahami para pengunjung,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya