SOLOPOS.COM - Logo Partai Amanat Nasional (wikipedia)

Musda PAN Solo yang sedianya digelar akhir April diundur pada 5 atau 8 Mei mendatang.

Solopos.com, SOLO – DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Solo mengusulkan kandidat ketua dalam Musyawarah Daerah (Musda) periode 2016-2020 wajib bebas narkoba. Kebijakan tersebut merupakan inisiatif pengurus daerah untuk menjamin ketua baru bebas penyalahgunaan narkoba.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua DPD PAN Solo, Umar Hasyim, mengaku miris dengan banyaknya berita penyalahgunaan narkoba yang menjerat warga sipil maupun pejabat. Pihaknya tak ingin kecolongan memilih kader dengan kasus serupa. Menurut Umar, pendaftar calon ketua dalam Musda perlu melampirkan keterangan bebas narkoba dalam tes kesehatan.

“Kami berupaya memerangi narkoba mulai dari internal partai. DPD bakal mengusulkan pada panitia Musda agar syarat bebas narkoba dimasukkan,” ujarnya saat ditemui wartawan di Gedung DPRD, Selasa (12/4/2016).

Umar mengatakan ketentuan bebas narkoba merupakan syarat baru jika nantinya diberlakukan. Menurut lelaki yang juga Sekretaris DPW PAN Jateng ini, sebelumnya kandidat ketua hanya wajib mengikuti tes kesehatan normatif. Hal itu untuk mengetahui yang bersangkutan sehat jasmani dan rohani. “Mungkin DPD Solo menjadi satu-satunya di Jawa Tengah yang bakal menerapkan syarat bebas narkoba.”

Pihaknya optimistis usulan DPD bakal disetujui panitia Musda. Umar justru memertanyakan jika ada pengurus atau kader yang menolak syarat tersebut. “Memakai narkoba itu pelanggaran berat. Kalau ketahuan bisa dicopot dari keanggotaan partai,” tegas Umar.

Musda Diundur

Sementara itu, Musda yang sedianya digelar akhir April kabarnya diundur hingga 5 atau 8 Mei. Umar mengatakan jadwal Musda perlu disesuaikan dengan sejumlah undangan di antaranya Amien Rais. Tokoh pendiri PAN itu, menurut Umar, wajib hadir mendampingi Musda. “Pak Amien akan memberi tausiah politik.”

Wakil Sekretaris DPD PAN, Yusuf Anshori, mengatakan penyelenggaraan Musda kemungkinan besar pada 5 Mei. Pendaftaran kandidat ketua atau formatur, imbuhnya, dilaksanakan 14 hari sebelum Musda. “Jadi kemungkinan pertengahan April pendaftaran sudah dibuka,” tutur anggota steering committee (SC) Musda itu kepada solopos.com.

Ada 66 suara yang akan diperebutkan dalam Musda PAN. Suara tersebut berasal dari perwakilan ranting kelurahan, cabang kecamatan, DPD, DPW Jateng dan MPW.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya