SOLOPOS.COM - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Ahmad Dahlan Rais bersama Bupati Karanganyar, Juliyatmono, dalam peresmian Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) di kompleks Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) Papahan Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Selasa (7/6/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) sudah membuka pendaftaran calon mahasiswa tahun ajaran 2022/2023. Pendaftaran ini dibuka sejak 8 Juni 2022 hingga 30 September 2022.

Berapa biaya kuliahnya? Jika dibandingkan dengan universitas Muhammadiyah lainnya, biaya kuliah di Umuka lebih murah.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Untuk menimba ilmu di Umuka ini calon mahasiswa akan dikenakan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) senilai Rp2,5 juta. Ini berlaku flat baik untuk mahasiswa jenjang S-1 maupun D-3.

Selain itu, biaya SPP-nya Rp450.000 per bulan untuk jenjang S-1 dan Rp400.000 per bulan untuk jenjang D-3, tidak memakai sistem pembayaran per satuan kredit semester (SKS) . Sementara itu, biaya masa taaruf (masta) dan jas almamater senilai Rp500.000 untuk jenjang S-1 maupun D-3.

Sedangkan biaya praktikum dan praktik kerja lapangan (PKL) dibayarkan sesuai kondisi pada saat pelaksanaan.

Baca Juga: Baru Sehari Diresmikan, Sudah 84 Orang Mendaftar ke Umuka

Jika dibandingkan dengan biaya kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan memilih jurusan termurah saja masih lebih murah kuliah di Umuka. Ambil contoh, mengutip situs resmi UMS, biaya kuliah paling murah di universitas ini ada di Jurusan Ilmu Al Quran dan Tafsir, Fakultas Pendidikan Agama Islam.

Di jurusan ini biaya 1 SKS Rp138.000. Jika setiap semester mahasiswa mengambil 20 SKS, maka biayanya Rp2.760.000. Untuk jurusan lain bisa rata-rata mencapai Rp6 jutaan/semester. Sementara biaya kuliah S1 per semester  di Umuka hanya Rp2.700.000.

Begitu pula dengan dana pengembangan insititusinya. Di UMS dana pengembangan institusi berkisar Rp4.715.000 hingga Rp214-an juta tergantung jurusan. Di Umuka hanya Rp2,5 juta.

Baca Juga: Ini 10 Prodi yang Tersedia di Universitas Muhammadiyah Karanganyar

Ketua Panitia Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Umuka, Sarilan M. Ali, mengatakan guna lebih meringankan beban mahasiswa, pembayaran biaya SPI bisa diangsur. “Pembayaran SPI bisa diangsur tiga kali, sedangkan SPP dibayarkan setiap bulan,” ujarnya, Kamis (9/6/2022).

Sementara itu, Umuka juga menyediakan empat jenis beasiswa bagi mahasiswanya. Di antaranya beasiswa dari Bupati Karanganyar bagi 17 pendaftar pertama (yang diterima) khusus warga Karanganyar, beasiswa dari Persyarikatan Muhammadiyah, Beasiswa dari LazisMu PDM Karanganyar, dan Beasiswa dari mitra PDM/AUM.

Seperti diketahui, Umuka yang berkampus utama di Jl Lawu, Papahan, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar ini membuka 10 program studi (prodi) yang bisa dipilih oleh para lulusan SMA sederajat.

Baca Juga: Ini 4 Lokasi Kampus Universitas Muhammadiyah Karanganyar

Prodi tersebut adalah S-1 teknik Komputer, S-1 Informatika, S-1 Bisnis Digital, S-1 Akuntansi, S-1 Ilmu Komunikasi, S-1 Fisioterapi, D-3 Produksi Ternak, D-3 Perhotelan, D-3 Sekretari Digital, dan D-3 Bina Wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya