Murah Meriah! Jenang Gempol Bu Kiryanti Klaten Cuma Rp5.000

Jenang gempol menjadi makanan tradisional yang biasanya dijadikan sebagai santapan saat sarapan.
Murah Meriah! Jenang Gempol Bu Kiryanti Klaten Cuma Rp5.000
SOLOPOS.COM - Jenang Gempol. (klatenkab.go.id)

Solopos.com, KLATEN – Jenang gempol menjadi makanan tradisional yang biasanya dijadikan sebagai santapan saat sarapan. Salah satu orang yang masih berjualan makanan tersebut adalah Kiryanti.

Dikutip dari klatenkab.go.id, Sabtu (27/11/2021), Kiryanti berjualan di depan Puskemas Klaten Tengah, Desa Pandanrejo, Klaten Tengah. Menariknya, kudapan ini bisa dinikmati dengan harga yang cukup murah yakni Rp5.000.

Baca Juga: Disparbudpora Klaten Bakal Pelototi 61 Objek Wisata Selama Libur Nataru

“Untuk harga satu porsi jenang gempol ini cukup Rp5.000 saja. Monggo mampir kalau lewat Pandanrejo, depan Puskesmas Klaten Tengah,” kata Kiryanti.

Kiryanti mengungkapkan jenang gempol yang dijualnya telah melewati empat generasi. Awalnya, mbah buyut Kiryanti yang berjualan. Kemudian diteruskan oleh kakek/neneknya dan berlanjut ke orang tuanya.

Hingga akhirnya, Kiryanti yang mengambil alih usaha tersebut. Perempuan 56 tahun tersebut sudah 10 tahun berjualan jenang gempol. Kiryanti menjelaskan pembuatan jenang gempol itu cukup lama. Gempol itu sendiri merupakan berbahan tepung beras yang dicampur kelapa dan garam.

“Membuat gempol prosesnya memakan waktu cukup lama. Selain itu cara memasaknya juga masih tradisional,” tuturnya.

Baca Juga: Seleksi Duta Antikorupsi, Puluhan Pelajar Klaten Bikin Makalah Soal Ini

“Jam 03.00 Wib kami harus sudah bangun. Nanti matang butuh 2 jam dengan api kecil. Sampai malam jenang gempol tidak basi, asalkan tidak dicampur santan,” imbuh Kiryanti.

Selain gempol, bahan lain yang dibutuhkan adalah jenang, mutiara, dan santan sebagai kuahnya. Kiryanti berjualan sejak pagi hingga pukul 12.00 WIB. Setelah itu, dia kemudian berjualan keliling.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago