SOLOPOS.COM - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (tengah), berlari seusai melemparkan sarung tangan balapnya ke tribune penonton setelah balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). (Antara/Andika Wahyu)

Solopos.com, JAKARTA – Sirkuit Mandalika, Indonesia, akan mendapat pesaing baru sebagai penyelenggara MotoGP selain sirkuit yang telah terdaftar saat ini.

Arab Saudi ingin menambahkan MotoGP ke dalam daftar kejuaraan dunia motorsport yang diselenggarakan negara ini. Hal ini diungkapkan Menteri Olahraga Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz Bin Turki al Faisal, seperti dikutip dari Antara, Selasa (22/3/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: APBN Sokong MotoGP Rp2,48 Triliun, Ini Perinciannya

Berbicara menjelang Grand Prix Formula Satu (F1) Arab Saudi di Jeddah, dia mengatakan Arab Saudi sudah menjadi rumah bagi motorsport di kawasan Timur Tengah lewat Formula E, Reli Dakar, dan Extreme E.

“Kami kini menjadi tuan rumah tiga acara Kejuaraan Dunia FIA dan berusaha menggelar lebih banyak lagi nanti. Ada ambisi untuk memperluas dan mengembangkan motorsport yang kami selenggarakan dan salah satu yang kami pertimbangkan adalah MotoGP,” ucapnya.

“Saya tahu bahwa itu akan butuh jenis trek balap yang berbeda di Jeddah, yang memiliki spesifikasi khusus untuk sepeda motor, tetapi mengingat motorsport dan kota hiburan baru kami yang saat ini sedang dibangun di Qiddiya, maka itu adalah hal yang akan dipertimbangkan untuk masa nanti.”

Baca Juga: Sains untuk Kendalikan Hujan Selama Penyelenggaraan MotoGP Mandalika

MotoGP dilombakan di Qatar sejak 2004 dan merupakan grand prix sepeda motor satu-satunya yang diadakan di Timur Tengah. Arab Saudi menggelar debut F1 pada Desember 2021 sebagai bagian dari kesepakatan 15 tahun. Pangeran Abdulaziz mengatakan penjualan tiket untuk balapan tahun ini cukup laris di mana permintaan jauh lebih besar berasal dari luar negeri.

“Seperti kebanyakan promotor, kami sudah menyaksikan dampak ‘Max Factor’ dan kami semakin diminati penggemar Belanda yang ingin membeli tiket dan mendukung pebalap kebanggaan mereka Max Verstappen di mana pun dia membalap di dunia ini,” kata dia.

Baca Juga: Sedot APBN Rp2,4 Triliun, Segini Perkiraan Dampak Ekonomi MotoGP

Verstappen yang membalap untuk Red Bull itu tahun lalu menjuarai Formula 1 setelah bertempur selama satu musim melawan juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton dari Mercedes. Verstappen tidak tampil dalam seri pembuka di Bahrain, pada pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya