SOLOPOS.COM - Saat berpuasa, rasa kantuk bisa tiba-tiba menyerang di siang hari (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO--Rasa kantuk saat berpuasa kerap menyerang di siang hari. Jika dibiarkan, hal ini bisa mengganggu produktivitas, terutama jika kita bekerja di kantor.

Jadi, rasa kantuk saat berpuasa itu harus dicegah atau diusir agar tidak mengganggu aktivitas kita di siang hari. Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Ya! Selain rasa lapar, rasa kantuk berlebih sering kali dirasakan saat berpuasa, terutama di siang hari.  Padahal kita tidak bisa mengusirnya seketika itu juga dengan minum kopi. Umumnya, rasa kantuk yang muncul di siang hari ini diakibatkan oleh kurangnya tidur dan nutrisi.

Baca Juga: Waduh! 6 Benda Ini Lebih Kotor Dibandingkan Dudukan Toilet

Ekspedisi Mudik 2024

Saat berpuasa, kadar gula darah dalam tubuh akan menurun, sehingga tubuh menjadi lemas dan otak menjadi sulit berkonsentrasi. Dikutip dari laman HR in Asia dan detikcom, Sabtu (24/4/2021), berikut 5 cara mencegah rasa kantuk saat berpuasa.

1. Tidur cukup di malam hari

Perubahan pola tidur saat berpuasa kerap terjadi lantaran harus bangun untuk melaksanakan makan sahur. Hal inilah bisa memicu rasa kantuk tiba-tiba menyerang di siang hari.

Untuk mencegahnya, kamu disarankan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari dengan tidur lebih cepat dari biasanya. Hindari tidur terlalu malam agar kamu tetap merasa segar saat bangun di pagi hari.

2. Cuci muka

Jika rasa kantuk menyerang saat berpuasa, kamu bisa meninggalkan pekerjaan yang sedang dilakukan untuk mencuci muka dengan air dingin. Metode ini telah terbukti bisa mengurangi rasa kantuk saat beraktivitas atau bekerja. Air dingin juga bisa membantu kamu menjadi lebih rileks, sehingga kamu lebih konsentrasi saat kembali bekerja.

Baca Juga:  Pertimbangkan Dulu Sebelum Pakai Pengering Tangan, Ini Alasannya

3. Lakukan peregangan otot

Rasa kantuk saat berpuasa bisa menghampiri usai duduk selama berjam-jam untuk menuntaskan pekerjaan. Melakukan sedikit peregangan otot sederhana dapat membantu otot tetap bergerak dan membuat tubuh menjadi tidak kaku. Kamu juga bisa mencoba latihan fisik ringan, seperti berjalan di sekitar kantor selama beberapa menit. Hal ini bisa membantu memperlancar aliran darah dan meningkatkan suplai oksigen ke otak.

4. Alihkan pandangan

Biasanya, saat bekerja, kebanyakan orang menghabiskan waktunya di depan layar laptop atau komputer sepanjang hari. Akibatnya, mata menjadi lelah dan rasa kantuk menjadi cepat menyerang. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba mengalihkan pandangan dari layar ke arah lainnya di sela-sela bekerja, seperti dengan mengalihkan pandangan ke luar jendela, agar mata terasa lebih rileks.

5. Coba power nap

Jika kamu tengah bekerja dan rasa kantuk datang menyerang saat berpuasa, manfaatkanlah waktu istirahat untuk melakukan power nap atau tidur singkat, lho. Kamu bisa menyetel alarm selama 5 menit-20 menit untuk memejamkan mata sebentar. Power nap merupakan cara ampuh untuk mengusir kantuk di siang hari dan bisa meningkatkan produktivitas saat beraktivitas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya