SOLOPOS.COM - Ilustrasi Modifikasi Honda Tiger. (Istimewa)

Tiger dianggap sebagai salah satu motor terbaik yang pernah diproduksi Honda.

Solopos.com, SOLO – Motor Sport bikinan Honda, Tiger, yang berhenti diproduksi 2014 lalu ternyata membuat penggemarnya kangen. Sejumlah akun di laman petisi online sepakat mendesak Honda untuk memunculkan kembali Tiger.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari laman Antara, Selasa (30/11/2016), PT Astra Honda Motor telah menjual 480.000 unit dari rentang 1993 sampai 2014 lalu. Motor ini berhenti diproduksi lantaran Honda akan menggunakan mesin injeksi pada semua line up motornya.

Tiger bermesin 200 cc yang dijual di Indonesia masih memakai sistem karburator, padahal untuk mencapai standar emisi Euro3 yang ditetapkan pemerintah, minimal semua motor harus menggunakan injeksi. Setelah itu belum ada motor yang selevel dengan Tiger di line up Honda saat ini.

Melalui petisi di laman Change.org, akun Papa’nya Clay dari Makassar meminta Honda untuk kembali memproduksi “Tiger” lagi. Ratusan orang lantas turut menandatangai petisi ini,

Petisi itu menyebut Honda Tiger menuai kesuksesan besar. Diantara sekian banyak produsen yang masih berkonsentrasi dengan motor 2 tak, Honda dengan percaya diri mengeluarkan motor 4 tak dengan kapasitas engine terbesar saat itu, 200 cc,” puji petisi itu.

Berikut isi lengkap petisi itu:

Honda Tiger, atau dulu sering disebut juga Honda Tiger 2000 merupakan salah satu dari produk Honda yang menuai kesuksesan di tanah air. Kemunculannya di tahun 1993 yang masih memiliki ikatan “keluarga” dengan generasi Honda GL menjadi pembeda produk Honda dari produsen lain.

Diantara sekian banyak produsen yang masih berkonsentrasi dengan motor 2 tak, Honda dengan percaya diri mengeluarkan motor 4 tak dengan kapasitas engine terbesar saat itu, 200 cc.

Praktis, dengan image motor tangguh yang disandang generasi Honda GL, Honda Tiger yang memiliki nama lain GL200, tak membutuhkan waktu yang lama untuk menarik perhatian penggemar otomotif tanah air.

Engine Honda Tiger yang memiliki kapasitas terbesar di masanya ini sebenarnya berbasis pada engine Honda GL Pro Neotech yang sudah terbukti ketangguhan dan kebandelannya.

Karena masih memiliki engine yang identik sama dengan Honda CB dan Honda GL yang sudah keluar terlebih dahulu membuat Honda Tiger dapat memakai part dari kedua generasi pendahulunya tersebut. Jadi tidak mengherankan bila sebagian besar komponen engine Honda CB dan Honda GL ditemui pada engine Honda Tiger.

Setelah melewati beberapa GENERASI sejak Tahun 1993 – 2012.

Periode Honda Tiger 2012 merupakan generasi Honda Tiger yang terakhir yang pada 2013 sudah dihentikan produksinya. Sedangkan untuk penerusnya, sampai saat ini AHM belum tertarik untuk membuat kandidat legenda cruiser selanjutnya.

sangat sayangkan buat kami pecinta motor ini, terutama Ratusan CLUB/KOMUNITAS HONDA TIGER yang bernaung dalam beberapa Induk Organisasi , KAMI INGIN MOTOR HONDA TIGER KEMBALI DI PRODUKSI BAHKAN KAMI INGIN KAPASITAS CC MESIN BERTAMBAH LAGI..

HONDA TIGER – TERBAIK UNTUK SELAMANYA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya