SOLOPOS.COM - Massa dari LDII Solo berkumpul di sekitar Kantor MUI Solo, Sabtu (6/11/2021) pagi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ketua DPD LDII Solo, Muhammad Zein, mempertanyakan adanya organisasi LDII Hijrah Soloraya. Organisasi itu diketahui lewat media sosial setelah adanya undangan MUI Solo kepada LDII Hijrah Soloraya yang beredar.

Beredarnya undangan tersebut membuat ribuan anggota LDII mendatangi Kantor MUI Solo di Pasar Kliwon, Sabtu (6/11/2021) pagi WIB. Zein mengatakan kedatangan massa LDII Solo ke Kantor MUI Solo atas inisiatif para anggota, alias tanpa komando dari pimpinan atau pengurusnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Kasus Menwa UNS Solo, Begini Komentar Eks Rektor Ravik Karsidi

Zein juga kebingungan dengan adanya LDII Hijrah Soloraya itu. Menurutnya, yang legal saat ini adalah LDII saja. “Teman-teman bingung LDII Hijrah ini yang seperti apa, wong yang secara legal hanya satu LDII di indonesia, yang dari kami,” kata dia.

Zein menjelaskan anggota LDII Solo khawatir pertemuan antara pengurus MUI Solo dengan LDII Hijrah justru akan menimbulkan persoalan. “Kami takutkan kalau di situ dia malah mengadu domba antara LDII dengan MUI Solo, ngoten,” sambung Zein.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Solo, Subari, mengatakan awalnya ada sejumlah orang yang keluar dari LDII dan kemudian mengadu kepada MUI. Oleh karenanya, MUI Solo mengundang pelapor itu. Saat ditanya istilah “LDII Hijrah” yang tertulis dalam undangan yang dilayangkan MUI Solo, hal itu merujuk penyebutan para eks anggota LDII itu.

Baca Juga: Ribuan Anggota LDII Datangi Kantor MUI Solo, Ternyata Ini Pemicunya

“Undangan itu kita beri nama LDII hijrah menurut pengakuannya mereka [para pengadu yang diundang]. Mereka kan menamakan orang-orang LDII yang sudah hijrah,” kata dia.

Tapi dikarenakan kedatangan ribuan anggota LDII Solo, agenda pertemuan antara LDII Hijrah Soloraya dengan pengurus MUI Solo batal dilakukan. Pengumuman pembatalan pertemuan disampaikan Ketua MUI Solo, Subari, via pengeras suara. Setelah pengumuman pembatalan pertemuan tersebut massa LDII Solo membubarkan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya