SOLOPOS.COM - Puluhan orang yang mengatasnamakan PKB Merah menyatakan sikap penolakan terhadap koalisi PKB dengan PKS pada Pemilu 2024. Acara berlangsung Rabu (15/6/2022) di Ndalem Padmosusastro, Timuran, Banjarsari, Solo. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Puluhan orang yang mengatasnamakan PKB Merah muncul di Solo menjelang Pemilu 2024. Mereka muncul dengan pernyataan sikap menolak koalisi PKB dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Pemilu 2024.

Pernyataan itu disampaikan para penggawa PKB merah saat konferensi pers di Ndalem Padmosusastro Timuran, Banjarsari, Rabu (15/6/2022). Mereka mengaku sebagai kelompok pemilih loyal atau loyalis PKB Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Koordinator PKB Merah Solo, Budi Santoso, mengatakan lahirnya PKB Merah berangkat dari pemikiran dan kegelisahan yang sama atas situasi politik nasional, terutama koalisi antara PKB-PKS.

“Entah pertimbangan apa di Jakarta sana, tetapi koalisi itu membuat konstituen PKB, loyalis PKB, kultural kita, pada hari ini mengalami pergolakan batin. Kegelisahan ketika PKB berkoalisi dengan PKS, di mana menurut kawan-kawan, tidak cocok,” tuturnya.

Budi Santoso menjelaskan PKB lahir dari Nahdlatul Ulama (NU) yang garis perjuangannya sama dengan NU. Nilai-nilai kebangsaan, dasar negara Pancasila dan NKRI sudah final. Kondisi itu dinilai PKB Merah Solo bias ketika pilihan koalisi PKB adalah dengan PKS.

Baca Juga: Berkaca ke Brazil, Politikus PKB Desak Pengesahan RUU Kekerasan Seksual

“Berkumpulnya kami di sini, tidak lain ingin menyampaikan sebuah sikap kepada DPP PKB untuk membatalkan koalisi tersebut. Kami menamakan diri PKB merah karena memang kami ini bukan pengurus PKB, kami simpatisan loyalis, PKB kultural,” urainya.

Budi Santoso mengaku sudah berkomunikasi dengan loyalis PKB di sejumlah daerah seperti Sragen, Karanganyar, Klaten, Jogja, Garut, dan Jakarta. Menurutnya, gerakan PKB Merah akan dilakukan loyalis PKB di daerah itu yaitu menolak koalisi dengan PKS.

Budi Santoso menyatakan surat pernyataan sikap dari PKB Merah Solo segera disampaikan kepada DPP PKB. PKB Merah berharap aspirasi yang disampaikan bisa menjadi pertimbangan DPP PKB. Apalagi ketika gerakan yang sama juga terjadi di daerah lain.

Baca Juga: Prihatin Minyak Goreng, Politikus PKB Serukan DPR Lawan Mafia Pangan

“Tentu harapan kami [koalisi PKB-PKS] bisa dibatalkan. Kami berharap ini menjadi perhatian serius karena mungkin di tingkat elite pertimbangan strategisnya sudah menjadi perhitungan. Tapi di arus bawah ada kegelisahan batin yang perlu dipertimbangkan,” ujarnya.

Bila DPP PKB tetap berkukuh membangun koalisi dengan PKS, Budi Santoso menegaskan akan muncul gerakan-gerakan serupa di berbagai daerah lain. “Bergerak terus terutama yang berbasis umum, mendesak DPP menggagalkan koalisi itu,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya