SOLOPOS.COM - Marshal asal Malaysia dikabarkan bakal membantu gelaran WSBK di Sirkuit Mandalika. (Instagram/@twowheels20)

Solopos.com, SOLO – Kompetisi Idetsu Asia Talent Cup (IATC) di Sirkuit Mandalika ditunda sepekan gara-gara persoalan marshal. Tak ingin kejadian serupa terulang, marshal dari Malaysia yang sudah berpengalaman pun akan membantu balapan IATC dan World Superbike (WSBK) yang akan digelar pada akhir pekan ini.

Seperti diketahui, IATC sejatinya digelar pada pekan lalu. Namun, perlombaan mendadak dibatalkan karena sirkiut tak bisa memenuhi syarat minimal marshal yang bertugas di setiap pos sebagai bentuk pengamanan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

IATC pun akhirnya ditunda pada akhir pekan nanti berbarengan dengan digelarnya WSBK. Demi memuluskan gelaran tersebut, marshal dari Malaysia yang biasanya berjaga di Sirkuit Sepang pun diturunkan. Kabar tersebut dilontarkan oleh akun Instagram @twhowheels20.

Baca Juga: Jadi Penyebab Balapan di Mandalika Diundur, Apa Sih Tugas Marshal?

Two Wheels diketahui merupakan promotor motor sport asal Malaysia. Dalam unggahannya, dia menyebut ada 19 marshal yang akan diterbangkan ke Indonesia untuk membantu pelaksanaan WSBK di Sirkuit Mandalika.

Marshal yang diterjunkan pun sudah tidak asing dengan event balapan internasional. Pasalnya, mereka juga pernah membantu pelaksanaan Moto GP di Thailand dan Formula 1 di Singapura.

“Semoga tenaga kerja dari serumpun asia ini dapat melancarkan kejohanan hujung minggu ini,” tutur @twowheels20 dalam unggahannya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak Sirkuit Mandalika terkait keterlibatan marshal dari Malaysia untuk pertandingan IATC dan WSBK besok.

Sebelumnya, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengakui marshal yang ada di Sirkuit Mandalika belum sesuai dengan standar keselamatan dari Dorna. Kendati demikian, dia ingin mengambil sisi positifnya yakni bisa menjadi persiapan gelaran WSBK pada pekan depan serta Moto GP pada tahun depan.

Baca Juga: Batal Hari Ini, Balapan IATC di Mandalika Diundur Bareng WSBK

“Hari ini banyak yang antusias ingin menyaksikan Race ATC tetapi enggak jadi karena marshal kita belum dirasakan siap menurut standar safety dari Dorna. Ada yang terlambat menjawab panggilan, ada yang terlambat angkat bendera dll..,” tutur Zul di akun Twitter pribadinya.

Zul menerangkan menjadi marshal bukanlah tugas yang mudah. Pasalnya, marshal atau petugas lintasan bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan para pembalap yang berada di lintasan.

“Menjadi marshal balapan kelihatan sepele dan sederhana tapi kalau salah bisa fatal akibatnya. Masih ada waktu sepekan lagi utk memperbaiki yg kurang-kurang. Setiap langkah awal pasti ada kesalahan-kesalahan. Karena kadang dengan kesalahan-kesalahan kita dipaksa belajar, dan berubah,” tandasnya.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Two Wheels Media (@twowheels20)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya