Muncul di Jembatan Jurug Solo, Bagaimana Wujud Onggo-Inggi?

Bagaimana wujud Onggo-Inggi, sosok yang disebut-sebut muncul di Jembatan Jurug Lama, yang berlokasi di perbatasan Solo dan Karanganyar?
SHARE
Muncul di Jembatan Jurug Solo, Bagaimana Wujud Onggo-Inggi?
SOLOPOS.COM - Ilustrasi makhluk halus (Freepik).

Solopos.com, SOLO — Kira-kira bagaimana bentuk atau wujud dari Onggo-Inggi, makhluk yang disebut-sebut kerap muncul di Jembatan Jurug Lama yang berlokasi di perbatasan Kota Solo dan Karanganyar, Jawa Tengah?

Makhluk halus satu ini sudah familier di tengah masyarakat Solo, terutama warga yang tinggal di bantaran Sungai Bengawan Solo.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Menurut akun Instagram @misterisolo, Minggu (20/9/2020), Onggo-Inggi merupakan sosok dayang yang tinggal di pusaran Bengawan Solo dan kerap meminta tumbal berupa anak perawan dan perjaka.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

“Onggo-Inggi dianggap momok yang sering meneror anak perawan dan perjaka yang tinggal dari dalam arus sungai. Lantas apakah hal tersebut benar adanya? Beberapa cerita leluhur menyebutkan bahwa sosok Onggi-Inggi merupakan dayang yang tinggal di dalam pusaran kali Bengawan Solo,” kata dia.

Baca Juga: Doa Supaya Cepat Naik Haji, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Wujud atau bentuk Onggo-Inggi sendiri digambarkan kepala tanpa badan yang mempunyai rambut panjang. Di mana rambutnya tersebut kerap digunakan Onggo-Inggi untuk melilit mangsanya yang akan diambil jiwanya.

Selain itu, Onggo-Inggi disebut mempunyai kulit pucat dan terlihat melepuh dengan gigi taring seperti biji timun. Sosoknya yang menyeramkan itu membuat masyarakat takut apabila bertemu dengan makhluk halus tersebut.

Baca Juga: Punya Kiai Terbanyak di Jateng, Pati Justru Terkenal Kota Paranormal

Tetapi, wujud Onggo-Inggi di atas dianggap hanya mitos belaka. Banyak yang beranggapan sosok Onggo-Inggi hanya serangga kecil. Hal tersebut sengaja dibuat agar anak-anak tidak bermain di bantaran kali.

“Menurut mereka, Onggo-Inggi hanyalah serangga kecil yang mampu berjalan di atas air,” cerita pengelola akun Instagram @misterisolo dalam unggahannya.

Baca Juga: Kenapa Nama Sala Berubah Jadi Solo? Ternyata Ini Sejarahnya

Diberitakan sebelumnya, dua makhluk halus, yakni Gundul Pringis dan Onggo-Inggi kerap muncul terutama di bagian Jembatan Jurug Lama.

“Sosok gundul pringis merupakan sosok yang sering menampakkan wujudnya kepada warga di sekitar jembatan ini. Konon, kemunculannya berupa batok kepala berambut yang berserakan di tepian sungai. Bahkan legenda Onggo-inggi juga banyak muncul di daerah ini,” ungkap pengelola akun Instagram @misterisolo.

Baca Juga: Siapa Saja Sih Artis Lulusan SMAN 7 Solo?



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago