SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (Desi-Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, JAKARTA — Pengamat politik Boni Hargens menilai Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, harus mundur dari kursi ketua umum demi masa depan partai berlambang pohon beringin tersebut.

Boni Hargens mengatakan diskusi tentang Golkar selalu penting karena partai beringin tersebut masih menjadi pilar penting politik kepartaian di Tanah Air. Partai Golkar, lanjutnya, ikut mempengaruhi secara signifikan kondisi demokrasi bangsa ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau Golkar rusak, rusak juga demokrasi kita. Sebaliknya, kalau Golkar baik, baik pula demokrasi kita. Meski bukan pemenang pemilu 2014, Golkar setidaknya berpengaruh di parlemen,” ujarnya melalui pesan singkat, Senin (17/11/2014).

Dalam konteks ini, menurutnya peran Partai Golkar penting untuk selalu dibahas. Dalam kaitan dengan peran Golkar itulah, Boni menilai wacana pergantian ketua umum mendapatkan dasar moral untuk disikapi bersama.

“Selama ini Golkar selalu ambil bagian di dalam kekuasaan. Kali ini, golkar perlu belajar menjadi oposisi yang elegan. Untuk itu Golkar memerlukan kepemimpinan yang bisa membawa perubahan internal,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya