SOLOPOS.COM - Wakil Presiden jusuf Kalla i (JIBI/Harian Jogja/dok)

Munas Golkar diduga diwarnai dengan pencatutan nama Presiden Jokowi yang mendukung salah satu calon.

Solopos.com, JAKARTA – Wakil Presiden, Jusuf Kalla, di Jakarta, Selasa (10/5/2016), menyatakan Presiden Joko Widodo marah karena namanya disebut mendukung salah satu calon ketua umum Partai Golongan Karya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kemarin [Senin] saya bertemu beliau [Presiden Jokowi], hanya berdua. Beliau sangat marah karena hal itu sama sekali tidak benar,” ujar Kalla.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mempersilakan siapa pun anggota kabinetnya secara pribadi mendukung salah satu calon ketua umum Partai Golkar dalam musyawarah nasional yang bakal digelar di Bali mulai 15 Mei 2016.

“Siapa pun punya hak untuk mendukung seseorang, asalkan tidak membawa-bawa nama presiden dan sebagainya,” kata Kalla, yang pernah menjabat sebagai ketua umum DPP Partai Golkar itu.

Terkait ada salah seorang menteri atau pihak lain yang menyatakan Jokowi mendukung pencalonan Setya Novanto sebagai ketua umum DPP Partai Golkar, dia secara tegas menyatakan itu tidak mungkin.

“Apalagi mendukung seseorang yang dulu pernah mencederai presiden dan wakil presiden dengan mengatasnamakan presiden dan wakil presiden,” ujar Kalla.

Novanto, saat masih menjabat ketua DPR pernah mencatut nama Jokowi dan Kalla tekait permintaan saham kepada manajemen PT Freeport Indonesia.

Skandal ini sempat menjadi wacana utama pemberitaan dan ulasan media massa nasional, walau akhirnya Novanto tetap bebas dan bisa beraktivitas politik. Jokowi kemudian secara terbuka juga menyatakan kejengkelannya atas skandal yang disebut mencatut namanya itu.

Selain itu, tambah Kalla, Jokowi bukan anggota Partai Golkar. “Oleh sebab itu, Presiden sangat marah dan beliau minta agar hal ini disiarkan. Presiden tidak berpihak kepada siapa pun. Pemerintah bersikap netral,” kata Kalla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya