SOLOPOS.COM - Ilustrasi tidur pakai bra. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Tidak sedikit orang merasa ragu boleh tidak pakai bra saat tidur lantaran takut dengan efeknya. Tak sedikit orang beranggapan payudara jadi tidak leluasa “bernafas” jika mengenakan BH. Mumpung No Bra Day, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Bra berfungsi sebagai penopang payudara selama beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, ada wanita tetap mengenakan BH saat tidur karena sudah terbiasa. Apakah kesehatan akan terganggu bila bra tetap dipakai saat tidur?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dokter Anisha Nurul Rachman dari Puskesmas Kemayoran, Jakarta, efek pakai bra saat tidur tergantung dari ukuran BH. Menurutnya penggunaan bra saat tidur yang ukurannya terlalu kecil dapat menyebabkan masalah.

“Karena pada saat tidur saluran pernafasan bagian atas cenderung menyempit sehingga menurunkan asupan oksigen dan membatasi pergerakan udara di dada,” kata dia seperti dikutip dari Antara pada Kamis (13/10/2022).

Baca Juga: Fakta Ilmiah Efek Tidur dengan Rambut Basah

Oleh karena itu, dianjurkan untuk memilih bra dengan ukuran yang sesuai dengan payudara sehingga bisa betul-betul menopang buah dada.

Rutin mengganti bra juga penting dilakukan demi kesehatan kulit. Bila bra yang kotor terus dipakai, ada risiko infeksi kulit akibat bakteri dan jamur yang berkembang biak.

Ada juga yang beranggapan efek tidur tidak pakai bra bisa membuat payudara kendur.  Menurutnya anggapan itu tidak benar sebab kekenduran jaringan payudara berkaitan dengan kepadatan payudara.  “Bila lebih banyak jaringan lemak ketimbang jaringan berserat, maka payudara akan cenderung kendur,” katanya.

Kekenduran payudara dipengaruhi banyak hal, meliputi usia, ukuran payudara, berat badan, kebiasaan merokok, kehamilan, serta menyusui.

Sebagian besar wanita mungkin lebih memilih untuk tidak pakai bra ketika hendak tidur. Alasannya, memakai bra saat tidur bukan hanya terasa tidak nyaman, tapi juga dipercaya dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: Ini Sejarah No Bra Day dan Alasan Merayakannya

Penggunaan bra saat tidur dianggap dapat menghambat sirkulasi kelenjar getah bening dan mengganggu pembuangan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Hal ini diduga bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara. Lalu, apakah memakai bra saat tidur bisa memicu kanker payudara? Faktanya, para ahli belum bisa menemukan bukti ilmiah yang mendukung anggapan tersebut. Bahkan, pemakaian bra berkawat yang sering dikambinghitamkan sebagai penyebab kanker, juga tidak terbukti dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Pakai bra atau tidak saat tidur adalah pilihanmu sendiri. Namun, bila ingin memakai bra saat tidur, ada beberapa tips memakai bra yang nyaman untuk dikenakan saat tidur

Berikut ini tipsnya seperti dikutip dari alodokter.com pada Kamis (13/10/2022) yaitu:

– Agar sirkulasi udara di sekitar payudara berjalan lancar, disarankan untuk memakai bra yang terbuat dari bahan katun atau serat alami. Pilih jenis bahan yang lembut, sehingga membuat payudara leluasa bergerak saat tidur.
– Hindari memakai bra yang terlalu ketat, karena bisa mengiritasi payudara. Rasa sakit ini bisa membuat tidur jadi tidak nyaman. Hindari pula bra yang terlalu longgar, karena tidak akan menyokong payudara dengan baik dan justru membuat tidur jadi tidak nyenyak.
– Bila tidak ingin menggunakan bra saat tidur, kamu juga bisa memakai piyama yang bagian atasnya telah didesain seperti bra.
– Disarankan untuk tidak memakai bra berkawat saat tidur demi kenyamananmu.
– Usahakan untuk mengganti bra saat tidur. Jangan memakai bra yang telah kamu kenakan beraktivitas dari pagi hingga malam hari, apalagi jika bra yang kamu gunakan sudah dipenuhi keringat.
Untuk mengetahui apakah bra yang kamu gunakan sudah tepat atau tidak, kamu bisa memeriksa area payudara, bahu, dan punggungmu. Jika ada kemerahan, timbul rasa sakit, atau muncul bekas tali bra atau cup bra pada area tersebut, maka carilah bra baru sesuai ukuran payudaramu.

Baca Juga: Ukuran Payudara Besar Lebih Berisiko Terkena Kanker Ternyata Hanya Mitos

Jadi, penggunaan bra saat tidur bukanlah penyebab terjadinya kanker payudara, ya. Jika kamu menemukan sanak keluarga atau teman yang sering memakai bra saat tidur dan terkena kanker payudara, jangan langsung menyalahkan kebiasaannya. Bisa saja, ia memang termasuk kelompok yang berisiko terkena kanker payudara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya