Mulia, Penyintas Covid-19 Asal Klaten Sumbangkan Ratusan APD untuk Penanganan Corona

Sumbangan dari penyintas bernama Bambang Supriyambodo, 61, itu diserahkan menyusul meningkatnya kebutuhan APD saat angka kasus Covid-19 masih tinggi.
Mulia, Penyintas Covid-19 Asal Klaten Sumbangkan Ratusan APD untuk Penanganan Corona

Solopos.com, KLATEN – Seorang penyintas Covid-19 menyumbang 200 alat pelindung diri (APD) berupa baju hazmat untuk penanganan virus Corona di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Bantuan diserahkan ke GOR Gelarsena, Minggu (25/7/2021), yang menjadi lokasi isolasi terpusat Kabupaten Klaten.

Sumbangan dari penyintas bernama Bambang Supriyambodo, 61, asal Klaten, itu diserahkan menyusul meningkatnya kebutuhan APD di saat angka kasus Covid-19 yang masih tinggi. APD dibeli Bambang menggunakan dana pribadi.

“Karena sekarang untuk mencari APD juga sulit. Oleh karena itu kami mengusahakan bantuan APD. Berikutnya kami pesankan 1.000 APD,” jelas dia saat ditemui di sela penyerahan APD, Minggu.

Baca juga: Kasus Kematian Pasien Covid-19 Klaten Isoman di Rumah Bertambah

Bambang menuturkan bantuan APD itu dia berikan sebagai bentuk syukur setelah pulih dari terpapar Covid-19.

“Kami pernah sakit kemudian diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk hidup. Apa yang harus kami berbuat dan ini kami gelorakan untuk yang sehat bisa saling membantu. Kalau memang nanti membutuhkan sembako kami upayakan,” jelas Bambang.

Bambang menjelaskan dirinya terpapar Covid-19 pada Februari 2021. Bambang pun menuturkan saat itu dia menjadi Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Kali pertama yang saya pikirkan saat itu keluarga, istri dan anak. Agar imunitas mereka tidak ikut turun, saya setiap hari olahraga untuk menunjukkan kondisi saya saat itu baik-baik saja,” kata dia.

Baca juga: Bertambah Lagi, Total 138 Pasien Covid-19 Klaten Dibawa ke Asrama Haji Donohudan

Namun, Bambang lantas berpikir untuk tak menjalani isolasi mandiri di rumah agar virus yang memapar dirinya tak menular ke orang lain. Bambang pun memilih menjalani isolasi di rumah sakit hingga dinyatakan terbebas dari Covid-19.

Gencarkan Edukasi Soal OTG

Selain mengajak orang lain untuk saling membantu, Bambang mengaku saat ini dirinya juga sedang menggencarkan edukasi.

“Penyebaran ini meluas itu salah satunya dari OTG. Kami berikan edukasi bagaimana agar OTG ini bisa ketat. Kalau memang mau isolasi di rumah kami ajak bisa isolasi dengan ketat,” jelas dia.

Baca juga: Lika-Liku Penjemputan Warga Positif Covid-19 di Klaten: Pakai 3 Pendekatan untuk Picu Kesadaran

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan APD sangat dibutuhkan saat ini bagi petugas-petugas yang berkontak langsung dengan pasien di tempat isolasi terpusat.

Kebutuhan mendesak lainnya yakni obat-obatan serta oksigen medis. Cahyono mengatakan berbagai bentuk bantuan selama ini sudah diberikan warga secara pribadi maupun kelompok. Hal itu pula yang menjadi salah satu upaya menangani Covid-19 secara bersama-sama.


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago