SOLOPOS.COM - Bus pengangkut arus balik Lebaran di Terminal Ir Soekarno, Klaten, dimulai pada H+4, Rabu (4/5/2022). Sebagian pemudik di Soloraya juga melintasi Kota Solo sehingga terjadi peningkatan arus balik di Kota Solo, sejak Rabu. (Solopos/Fahmi Ghiffari).

Solopos.com, SOLO – Puncak arus balik diprediksi terjadi pada 7 Mei 2022 dan 8 Mei 2022.

Tercatat, sudah terjadi peningkatan intensitas kendaraan masuk dan keluar Kota Solo sebesar 61.954 kendaraan pada Rabu (4/5/2022) dibandingkan sehari sebelumnya. Pada Selasa (3/5/2022) tercatat 168.823 kendaraan masuk ke Kota Solo dan 188.588 kendaraan meninggalkan Kota Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara itu, jumlah kendaraan masuk dan keluar mengalami peningkatan pada Rabu (4/5/2022) menjadi 192.720 kendaraan masuk dan 226.645 kendaraan meninggalkan Kota Solo.

Jumlah itu dihitung dari traffic counting dari akses masuk Kota Solo seperti Klodran, Gapura Makutha, Kleco, Jongke, Dawung, Jurug, dan Ring Road.

Baca Juga: Jelang Arus Balik Lebaran, Kendaraan Masuk Tol Kalikangkung Masih Ramai

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Solo, Ari Wibowo, kepada Solopos.com, mengatakan ada peningkatan selama dua hari setelah Lebaran. Batas-batas kota dan dalam kota sepi. Pada Kamis (5/5/2022) diprediksi terjadi peningkatan. Sejumlah lokasi pusat perbelanjaan dan restoran cepat saji juga menjadi lokasi yang diwaspadai petugas.

“Tanggal 7 Mei 2022 diprediksi menjadi puncak arus balik. Memang ada penyesuaian alat pemberi isyarat lalu lintas [APILL] di sejumlah lokasi,” kata dia.

Baca Juga: Waspadai Titik Rawan Macet Arus Balik di Tol Trans Jawa

Ari mengatakan arus balik tentunya kendaraan dari timur lebih banyak menuju barat sehingga lama waktu hijau pun lebih banyak. Intervensi APILL bakal terus dilakukan menyesuaikan kondisi lapangan.

“Petugas juga memantau kegiatan Pemerintah Kota [Pemkot] Solo. Acara musik di Taman Satwa Taru Jurug, night market Ngarsopuro, dan layanan tanpa turun restoran cepat saji jadi prioritas pemantauan kami,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya