SOLOPOS.COM - Pengendara motor melintas di kawasan Gerbang Tol Gondangrejo di Jl. Solo-Purwodadi, Gondangrejo, Karanganyar, Minggu (10/11/2019). (Solopos/M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, SOLO -- Gerbang Tol Gondangrejo, Karanganyar, akan dibuka pada Senin (11/11/2019). Selama sosialisasi yang berlangsung sepekan, kendaraan yang lewat pintu tol ini belum dikenai tarif alias masih gratis.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), Ari Wibowo, Minggi (10/11/2019), menjelaskan semua tahapan penambahan gerbang tol tersebut telah selesai dilakukan beberapa bulan lalu, termasuk uji layak fungsi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kemudian pada Oktober 2019, surat keputusan tarif dari pemerintah pusat telah diterbitkan. Mengenai tarif, Ari mengatakan tidak ada perbedaan dengan tarif yang berlaku saat ini.

"Tarif masih sama, Rp1.000/km. Tapi selama masa sosialisasi nanti belum dikenakan tarif di Gerbang Tol Gondangrejo. Nanti sementara ikutnya tarif Ngemplak atau gerbang terdekat," kata dia.

Diperkuat 50 Dokter Spesialis, Pasien Mulai Berdatangan Ke Poliklinik RSIS Yarsis Surakarta

Keberadaan Gerbang Tol Gondangrejo menghubungkan jalur tol Solo-Ngawi dengan jalan raya Solo-Purwodadi. Dengan demikian gerbang tersebut memberikan akses lebih mudah untuk pengguna tol yang masuk atau keluar menuju Purwodadi, Gondangrejo, dan sekitarnya termasuk menambah akses menuju Solo melalui Kadipiro.

Keberadaan gerbang tol itu disebut-sebut memiliki manfaat sangat besar untuk mendorong pembangunan dan perkembangan ekonomi, terutama di Solo sisi utara.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo, Gareng S. Haryanto, berharap dengan adanya gerbang tol nantinya bisa memacu pembangunan di sekitar jalur menuju gerbang tol, termasuk pengembangan usaha.

Kethur Kendi, Ritual Unik Jelang Pernikahan di Gemolong Sragen

"Tentunya akan sangat bagus. Apalagi dari gerbang itu bisa langsung menuju Solo dengan jalur yang cukup luas," kata dia kepada Solopos.com, Minggu.

Menurutnya tidak menutup kemungkinan akan terbentuk kota satelit serta memicu pengembangan Solo utara. Selain Gerbang Gondangrejo, PT JSN juga masih mengupayakan pembangunan Gerbang Tol Bandara dan Sragen timur.

Gerbang Tol Bandara baru proses lelang konsultan yang nantinya ditindaklanjuti pelaksanaannya oleh kontraktor. Kemudian untuk Sragen timur sudah dilakukan proses ganti rugi. Pembangunan ditarget November 2019 ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya