SOLOPOS.COM - Kondisi bandara YIA pada Rabu (9/3/2022). (Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

Solopos.com, KULONPROGO — Mulai November 2022, penerbangan internasional di Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bertambah. Penumpang yang akan terbang dari atau menuju Thailand bisa langsung dari YIA.

General Manager YIA, Agus Pandu Purnama, menyebutkan pada November besok rencananya ada dua penambahan rute penerbangan internasional di YIA. Malaysia Airlines dengan rute Kuala Lumpur-YIA dan Thai Smile Airways dengan rute Bangkok-YIA.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

“Surat pengajuan oleh maskapai sudah disampaikan dan rencana penerbangan akan dilaksanakan pada November ini. Kami masih menunggu izin dari kementerian,” kata Pandu saat dihubungi Harian Jogja (Solopos Media Group), Kamis (27/10/2022).

Dia menyampaikan penambahan dua maskapai tersebut menambah dua rute penerbangan internasional di YIA. Pada Oktober ini, YIA menambah dua rute penerbangan internasional yang sebelumnya diluncurkan. Masing-masing Malaysia Airlines dari Kuala Lumpur dan Scoot Tiger Air untuk rute YIA-Singapura.

YIA pun mengeluarkan kebijakan baru terkait jam operasional. Bandara YIA akan beroperasi lebih pagi dari sebelumnya.

Baca Juga: Atlet di Bantul Jadi Korban Kekerasan Seksual Pelatih, Kasus Sempat Ditutupi

“Seluruh infrastruktur di YIA sudah siap. Mulai November, kami akan mulai beroperasi pada pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB,” terangnya.

Perubahan jam operasional tersebut sebagai antisipasi dan juga penyesuaian dengan pengajuan jam terbang pesawat Thai Smile yang rencananya jadwal penerbangan pukul 05.00 WIB.

“Kan pengajuan rute baru disesuaikan dengan slot yang ada, maka kami siapkan slotnya. Sewaktu-waktu [maskapai] mengajukan [slot] sudah tersedia,” kata Pandu.

Meski begitu, belum ada informasi terkait rencana jumlah penumpang penerbangan perdana dari kedua maskapai tersebut. Jumlahnya akan diketahui saat inagurasi nanti.

Baca Juga: Tenggelam saat Ambil Kail Nyangkut di Waduk, Bocah di Kulonprogo Meninggal

“Maskapai sudah ke sini untuk persiapan inagurasi. Saya belum bisa menyampaikan rencananya. Yang jelas persiapan kami mulai dari imigrasi dan bea cukai sudah siap,” ujarnya.

Pandu menilai hadirnya rute baru untuk penerbangan internasional di YIA tidak lepas dari tingginya minat masyarakat berpergian ke luar negeri. Misalnya, untuk rute Malaysia, okupansinya bisa mencapai 70%.

Adapun jumlah penerbangan di YIA yang tercatat hingga September ini mencapai 64 pergerakan pesawat per hari, baik internasional maupun domestik. Rata-rata jumlah penumpangnya di kisaran 8.000 orang per hari.

Terpisah, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono mengatakan dua bulan sebelum berakhirnya 2022, jumlah turis asing yang masuk ke Jogja akan terus meningkat. Hingga Desember, katanya, ada peningkatan reservasi sekitar 20% dari luar negeri.

Baca Juga: Seorang Relawan TRC BPBD Sleman Tersetrum saat Memangkas Pohon

Peningkatan reservasi untuk penginapan para turis tersebut, lanjut Dedy, didominasi dari turis Eropa. Selain itu, ada juga permintaan dari wisatawan Asia seperti Malaysia dan Jepang. Untuk kepastian jumlah turis yang datang ke Jogja, lanjut Deddy, akan terlihat saat mendekati kunjungan yang dijadwalkan.

Bila berkaca pada sebelumnya, kata Deddy, peningkatan kunjungan wisman dipengaruhi oleh berbagai event lokal maupun bertaraf internasional yang digelar di DIY.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Mulai November, Jam Operasional Bandara YIA Buka Lebih Pagi karena Ada Penerbangan ke Thailand

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya