SOLOPOS.COM - Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Tengah sekaligus Bupati Karanganyar Juliyatmono saat menghadiri halalbihalal Partai Golkar Karanganyar pada Jumat (27/5/2022). (Solopos.com/ Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Belum lengser dari jabatan Bupati Karanganyar, Juliyatmono mulai gencar mengampanyekan diri sebagai bakal calon (balon) anggota DPR RI.

Juliyatmono secara terang-terangan menyebut sebagai calon anggota DPR dari Partai Golkar di daerah pemilihan (Dapil) IV meliputi Wonogiri, Sragen dan Karanganyar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pernyataan ini disampaikan Juliyatmono di hadapan ratusan kader partai berlambang pohon beringin itu saat Halalbihalal di kantor DPD II Partai Golkar setempat pada Jumat (27/5/2022). Para kader tersebut di antaranya ketua, sekretaris dan bendahara Partai Golkar tingkat desa/kelurahan hingga kecamatan se-Karanganyar .

Juliyatmono menitipkan pesan kepada para kader yang hadir untuk mencoblos dirinya. “Saya titip nanti untuk pemilihan DPR RI Dapil Karanganyar Wonogiri dan Sragen ada nama Juliyatmono coblosen ya,” pinta Bupati Karanganyar ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Bupati Karanganyar Juliyatmono Siap Maju Jadi Anggota DPR RI

Juliyatmono menyebut namanya muncul di nomor satu caleg asal Partai Golkar dari Dapil IV Jawa Tengah. Penetapan caleg atas nama dirinya tersebut telah ditetapkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar.

“Saya mohon dukungan suaranya. Supaya memperoleh suara sebanyak-banyaknya. Nek isa paling akeh sak Indonesia,” ujarnya.

Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Tengah ini menyatakan kesiapannya maju sebagai caleg DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang. Juliyatmono ditunjuk sebagai fungsionaris partai yang diberi tugas menjadi bakal caleg DPR di daerah pemilihan (dapil) Karanganyar, Sragen, Wonogiri.

Ia masuk tanpa proses penjaringan bakal calon (balon) yang biasa dilakukan partai sebelum menetapkan calonnya maju dalam bursa pemilihan legislatif (pileg). Menurutnya, DPP punya beberapa indikator untuk menunjuk nama yang akan diajukan dalam pileg. Salah satunya track record sebagai kepala daerah.

Baca Juga: Partai Golkar Karanganyar dan Sragen Siap Bawa Juliyatmono ke Senayan

“Kader kan bisa dilihat di jalur-jalur jabatan politik yang dijalankan. Jika bersedia ditugasi sebagai bacaleg, ya siap. Membuat surat kesanggupan,” kata politisi senior Partai Golkar di Karanganyar ini.

Mantan Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar ini pun mengaku belum tahu siapa saja fungsionaris yang ditunjuk sebagai bakal caleg DPR. Saat ini partai Golkar sedang menginventarisasi bacaleg untuk Pemilu 2024. Pada Pemilu 2019 lalu, Golkar hanya menyumbang seorang wakil rakyat DPR dari dapil IV, yakni Endang Maria Astuti. Saat itu Endang meraup 76.723 suara.

Masa jabatan Juliyatmono sebagai Bupati Karanganyar akan berakhir pada Desember 2023. Sejauh ini baru nama Juliyatmono yang diorbitkan di bursa bakal calon anggota DPR RI dari Karanganyar yang akan maju di Pileg 2024. Sedangkan nama-nama di bursa yang sama masih dirahasiakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya