SOLOPOS.COM - Seorang calon penumpang mengembuskan napas ke kantong untuk tes Covid-19 GeNose di Stasiun Solo Balapan, Senin (15/2/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia menambah 21 stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 mulai Selasa (30/3/2021). Sebanyak 21 stasiun tersebut yang berada di wilayah Soloraya ada di Stasiun Klaten dan Stasiun Purwosari.

Sedangkan stasiun lainnya yang melayani pemeriksaaan GeNose C19 per hari ini yakni Stasiun Banjar, Tasikmalaya, Jatibarang, Pekalongan, Cepu, Gombong, Kebumen, Sidareja, Kroya, Wates, Blitar, Kediri, Tulungagung, Kertosono, Nganjuk, Lamongan, Mojokerto, Kalisetail, dan Probolinggo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penambahan tersebut merupakan Sinergi BUMN antara KAI dan Indofarma melalui anak usahanya Farmalab.

Baca juga: Gibran Ingin Kawasan Ngarsopuro-Gatsu Jadi "Malioboro Solo", Setuju?

Ekspedisi Mudik 2024

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan dengan adanya penambahan ini, jumlah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 menjadi 44 stasiun.

Sebelumnya, terdapat 23 stasiun yang telah melayani pemeriksaan GeNose C19, yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Lempuyangan, Madiun, Jombang, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Sidoarjo, Jember, dan Ketapang.

“Penambahan secara bertahap dari dua stasiun pada awal Februari hingga 44 stasiun pada akhir Maret ini merupakan komitmen KAI dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk memenuhi syarat bepergian dengan Kereta Api pada masa pandemi Covid-19,” kata dia, dalam rilis yang diterima wartawan, Senin (29/3/2021).

Baca juga: Ditangkap Di Indekos, Warga Laweyan Solo Jadi Tersangka Jual Beli Satwa Dilindungi

Joni menambahkan KA menjadi moda yang paling awal menerapkan pemeriksaan GeNose C19. Pihaknya mencatat KAI telah melayani 345.668 peserta pemeriksaan GeNose C19 di stasiun hingga 28 Maret 2021. Di sisi lain, biaya pemeriksaan GeNose C19 terjangkau hanya Rp30.000.

Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Supriyanto, menambahkan untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas.

Aplikasi KAI Access

Sedangkan 30 menit sebelum pemeriksaan, penumpang tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih).

“Hasil pemeriksaan GeNose C19 di 44 stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA jarak jauh,” ungkap dia.

Baca juga: Raja Solo Mangkunegara VII Diusulkan Jadi Bapak Penyiaran Nasional

Ia menambahkan khusus bagi pelanggan yang hendak berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, dapat memesan layanan pemeriksaan GeNose C19 melalui aplikasi KAI Access.

Caranya, pada saat melakukan pembelian tiket KA jarak jauh, pelanggan dapat menambahkan layanan pemeriksaan GeNose C19 langsung pada aplikasi KAI Access.

“Dengan semakin banyaknya stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini, diharapkan dapat mendukung kebutuhan masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya