SOLOPOS.COM - Warung soto Mbok Dele di Dukuh Jetis, Desa Klepu, Kecamatan Ceper, Jumat (30/9/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENSoto menjadi menu yang mudah ditemukan di Klaten. Selain harganya terjangkau, soto disebut-sebut cocok di lidah banyak orang.

Hal itu disampaikan Bupati Klaten, Sri Mulyani, saat ditemui Solopos.com di Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Rabu (28/9/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sebenarnya soto banyak. Makanan yang murah, segar, dan pasti enak serta semua orang pasti suka,” kata Mulyani.

Selain kaya warung soto dengan aneka cita rasa, Mulyani mengatakan di Klaten ada hidangan berkuah lainnya dan legendaris yakni Sop Ayam Pak Min. Selain ada di Klaten, warung Sop Ayam Pak Min di luar kota.

Ekspedisi Mudik 2024

“Ini harus disyukuri dan dirawat. Bisa saja Klaten ke depan dijuluki Kota Soto,” kata dia.

Baca Juga: Nikmatnya Soto Legendaris Mbok Dele Klaten, Jujukan Para Artis-Seniman Kondang

Soal soto favorit, Mulyani mengatakan seluruh soto di Klaten menjadi favoritnya asalkan dihidangkan dalam kondisi panas.

“Mau warung soto Sor Pelem, Soto Ndelik, soto yang ada di Jatinom, Pedan, dan semuanya itu, mana-mana saya suka. Semua warung soto saat kunjungan ke lapangan selalu saya mampir. Semua soto di Klaten itu enak,” ungkap dia.

Menu soto selama ini menjadi salah satu hidangan saat digelar beberapa kegiatan Pemkab yang menghidangkan makan besar terutama saat kegiatan pagi. Hidangan soto itu disuguhkan beberapa warung soto yang ada di wilayah kota.

Soto juga menjadi menu pilihan ketika digelar hajatan dari kalangan swasta atau hajatan warga. Hal itu diakui salah satu warga Klaten yang kerap menjadi pembawa acara pada kegiatan hajatan atau seremonial lainnya, Nofiq.

Baca Juga: Makan Banyak tapi Tetap Kurus, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

“Seperti kegiatan pesta pernikahan, pensi, dan lain-lain. Biasanya dihidangkan saat kegiatan pagi. Kalau pada menu utama jarang. Soto memang masih menjadi menu idola karena memang biasanya cocok buat menu sarapan sebelum ke acara utama,“ kata warga Kecamatan Klaten Selatan tersebut.

Nofiq mengakui Klaten menjadi gudangnya soto. Apalagi, saat bermunculan berbagai soto sapi asal Boyolali, warung soto di Klaten kian banyak.

Selain soto Boyolali yang mudah ditemukan, hampir di setiap daerah di Klaten mudah ditemui warung soto yang beraneka ragam.

“Kalau setahu saya mulai ramai itu sekitar 2015. Kalau khas Klaten setahu saya soto ayam apalagi soto garing,” ungkap dia.

Baca Juga: Nikmatnya Pecel Kupluk Pak Sabar Ponggok Klaten, Telurnya Segede Piring

Warung soto di Klaten ada di mana-mana. Isian soto serta penyajian beragam mulai dari soto ayam, soto sapi, soto garing, soto Semarang, soto Boyolali, soto Lamongan, dan lain-lain.

Banyaknya warung soto itu diakui Supriyanto, 49, penerus Soto Mbok Dele di tepi jalan raya Solo-Jogja, Desa Klepu, Kecamatan Ceper, salah satu soto legendaris di Klaten.

“Di Klaten itu menu soto 24 jam ada. Saya sering jajan soto saat sore maupun tengah malam. Sering juga ada yang bertanya kok bakul soto mangan soto,” kata Supri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya