Mulai Diberikan 12 Januari 2022, Berapa Harga Vaksin Covid-19 Booster?

Akan diberikan mulai 12 Januari 2022 oleh pemerintah, kira-kira berapa harga vaksinasi Covid-19 booster? Mahal enggak ya?
SHARE
Mulai Diberikan 12 Januari 2022, Berapa Harga Vaksin Covid-19 Booster?
SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin booster untuk nakes. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah akan memberikan pada 12 Januari 2022, kira-kira berapa harga vaksin Covid-19 booster?

Khusus untuk kelompok lanjut usia (lansia) dan terdaftar sebagai penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan akan memperoleh vaksin Covid-19 booster secara gratis.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Sedangkan untuk umum akan dilakukan secara berbayar. Namun, pemerintah belum menetapkan besaran tarifnya.

Baca Juga:  Sering Dianggap Sama, Ini Bedanya Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmidzi mengatakan di Indonesia, harga vaksin Covid-19 booster belum ditetapkan oleh pemerintah. Dalam proses penetapan harga harus melibatkan berbagai pihak seperti Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Belum ada biaya resmi yang telah ditetapkan oleh pemerintah,“ katanya dalam rilis tertulisnya di situs resmi Kemenkes, Selasa (4/1/2022).

Baca Juga:  Sederet Tren Usaha Bisnis di 2022, Bisa Jadi Peluang Usaha Nih!

Ekspedisi Energi 2022

Jenis dan dosis vaksin yang akan diberikan masih menunggu konfirmasi dan rekomendasi dari ITAGI dan studi riset booster yang sedang berjalan serta sesuai dengan persetujuan izin edar atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM.

Sementara itu, Direktur Keuangan Kalbe Farma, Bernadus Karmin, mengusulkan harga vaksinasi booster harus mengikuti tarif vaksinasi gotong royong yang berlaku saat ini.

Baca Juga:  Viral Flyover Manahan Banjir Coretan Vandalisme, Netizen Jawil Gibran

“Ini menurut saya menjadi bagian dari yang akan diatur oleh pemerintah. Mungkin akan tetap di rentang harga dari vaksin-vaksin yang sudah dipakai sekarang ini,” kata Bernadus, dilansir Bisnis.com.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/4643/2021 tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Produksi Sinopharm dan Tarif Maksimal Pelayanan untuk Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong, harga pembelian vaksin untuk satu dosis mencapai Rp321.660 yang dibeli oleh badan hukum atau badan usaha dengan keuntungan 20 persen tanpa PPN.

Baca Juga: Ritual Ngalap Berkah di Makam Pangeran Samudro Ternyata Ada Sejak 1970

Hal ini ternyata senada dengan pernyataan Menkes Budi Gunadi Sadikin yang menyebut harga vaksin Covid-19 booster berkisar di bawah Rp300.000 untuk sekali vaksin.

Baca Juga:  Misteri Buto Cakil di Bekas Pabrik Goni Klaten



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago