SOLOPOS.COM - Patung Merlion berdiri di depan gedung-gedung pencakar langit di Singapura, Selasa (24/3/2020).(Bisnis-Bloomberg-Wei Leng Tay)

Solopos.com, SINGAPURA—Pemerintah Singapura akan mencabut kewajiban karantina bagi semua pelaku perjalanan yang sudah divaksinasi mulai April mendatang. Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan pemerintahnya juga akan menghapus kewajiban memakai masker di tempat terbuka dan mengizinkan lebih banyak orang untuk berkumpul.

Singapura adalah salah satu negara yang beralih strategi dari pembatasan ke kehidupan normal yang baru bagi 5,5 juta penduduknya. Meskipun rencana pelonggaran berjalan lambat karena lonjakan kasus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wabah Covid-19 yang dipicu varian Omicron mulai mereda di sebagian besar negara di kawasan dan tingkat vaksinasi juga meningkat. Singapura dan negara-negara lain kini bersiap mencabut pembatasan sosial yang diberlakukan untuk menahan laju persebaran virus.

Baca Juga: Menteri Pembangunan Singapura Kunjungi KEK Kendal, Ini Yang Dilakukan

Negara kota itu telah menghapus aturan karantina bagi pendatang yang sudah divaksinasi dari 35 negara sejak September. Keputusan pemerintah pada Kamis (24/3/2022) akan membuat kebijakan bebas karantina berlaku bagi pengunjung dari negara mana pun.

Lee mengatakan pemerintahnya akan terus menghapus pembatasan secara terukur. “Setelah langkah ini, kita akan menunggu sejenak agar situasi menjadi stabil,” katanya dilansir dari Antara. “Jika semua lancar, kita akan longgarkan lagi.”

Selain membolehkan kumpul-kumpul hingga 10 orang, Singapura juga akan menghapus batas jam buka restoran dan penjualan minuman keras, serta mengizinkan karyawan kembali ke tempat kerja.

Baca Juga: Indonesia-Singapura Mempersempit Ruang Gerak Koruptor dan Teroris

Sebelumnya, beberapa negara lain di Asia-Pasifik sudah mencabut aturan pembatasan. Jepang pekan ini menghapus pembatasan jam operasional restoran dan tempat bisnis di Tokyo dan 17 prefektur lain.

Korea Selatan, di mana kasus infeksi menembus angka 10 juta pekan ini tapi mulai menurun, telah mengizinkan tempat makan buka hingga pukul 23.00, menghentikan penggunaan paspor vaksin dan mencabut kewajiban karantina bagi pendatang dari luar negeri yang sudah divaksinasi.

Indonesia menghapus aturan karantina bagi semua pendatang dari luar negeri pekan ini. Langkah serupa juga diambil oleh negara-negara lain di kawasan seperti Thailand, Filipina, Vietnam, Kamboja dan Malaysia.

Baca Juga: Singapura Bersiap Anggap Covid-19 Seperti Flu Biasa

Indonesia juga mencabut larangan mudik Lebaran ketika jutaan orang pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idulfitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya