top ear
Ilustrasi ujian menggunakan handphone. (Antara/Harviyan Perdana Putra)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi ujian menggunakan handphone. (Antara/Harviyan Perdana Putra)

Mulai 2020, USBN Dihapus! Diganti Ujian Sekolah Mandiri

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mengubah prosedur operasional standar ujian nasional 2020.
Diterbitkan Selasa, 21/01/2020 - 13:28 WIB
oleh Solopos.com/Newswire
1 menit baca

Solopos.com, JAKARTABadan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mengubah prosedur operasional standar ujian nasional 2020. Berdasarkan perubahan tersebut, nantinya yang berlaku adalah ujian sekolah.

Ketua BSNP, Abdul Mu’ti, mengatakan, pihaknya telah menerbitkan prosedur operasional standar (POS) ujian nasional (UN) yang baru. Perubahan ini dilakukan sehubungan dengan perubahan nomenklatur di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Ada beberapa perbedaan antara POS UN sebelumnya dengan yang baru. Namun, lebih banyak terjadi karena perubahan nomenklatur di Kemendikbud,” katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (21/1/2020), seperti dikabarkan Antara.

Abdul Mu’ti menambahkan, BSNP pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) tahun ini sepenuhnya diserahkan kepada pihak sekolah. Dia mengatakan seluruh sekolah harus membuat soal ujian masing-masing.

“USBN sudah tidak ada. Sekolah itu harus bikin sendiri-sendiri gitu ya, karena USBN itu sudah enggak ada dan di daerah masih nunggu-nunggu barang yang sudah tidak ada,” terang Abdul Mu’ti seperti dilansir Detik.com.

Abdul Mu’ti menambahkan, ketentuan pelaksanaan ujian menggunakan komputer atau kertas dan pensil ditentukan oleh sekolah. Tetapi, sekolah yang hendak melakukan ujian dengan kertas dan pensil harus meminta persetujuan BSNP terlebih dahulu.

“Berdasarkan evaluasi kami, memang UNBK [ujian nasional berbasis komputer] memberikan akurasi yang lebih baik, dalam pelaksanaannya lebih efisien,” tandasnya.

Editor : Profile Chelin Indra Sushmita
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

Properti Solo & Jogja

Iklan Baris

berita terkini