SOLOPOS.COM - Sejumlah mobil melintas di pintu tol Ngasem, Colomadu, Karanganyar, Minggu (2/7/2017). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Mudik Lebaran 2017, pospam di pintu tol Soker Ngasem dan Klodran ditutup.

Solopos.com, KARANGANYAR — Pos Pengamanan (Pospam) I di pintu tol Ngasem dan Klodran, Karanganyar, pada Minggu (2/7/2017) ditutup. Pospam yang didirikan di tepi jalan raya Solo-Semarang itu difungsikan sejak H-7 Lebaran sampai H+7 Lebaran 2017 untuk mengawasi kendaraan yang masuk dan keluar tol Solo-Kertosono (Soker).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sesuai petunjuk pelaksanaan hari ini adalah hari terakhir kami bertugas di tol Ngasem. Karena itu seluruh personel kepolisian yang bertugas ditarik kembali ke polres masing-masing,” ujar Kepala Pospam Ngasem, AKP Bambang Rusito, ketika ditemui wartawan di sela-sela bertugas di Ngasem, Minggu.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, polisi yang bertugas di pintu tol Ngasem terdiri atas berbagai unsur di antaranya selain dari kepolisian juga ada dari TNI serta beberapa sukarelawan seperti Banser, Linmas, Senkom, dan sebagainya. Sedangkan polisi yang bertugas di pintu tol Ngasem berasal dari tiga wilayah polres yaitu Karanganyar, Sukoharjo, dan Boyolali.

Bambang menilai sejak awal dibuka untuk pemanfaatan arus mudik dan untuk arus balik tidak ada kejadian menonjol di tol Soker. Karena itu, dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait.

Sementara itu, petugas piket dari PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), Ngadino, juga membenarkan rencana penutupan pintu tol Ngasem dari aktivitas mudik dan balik Lebaran 2017. Karena itu pada sore kemarin seluruh barang-barang inventaris di Pospam I Ngasem diangkut pulang.

“Nanti barang-barang inventaris milik masing-masing akan dibawa pulang. Sedangkan untuk bangunan pospam mungkin masih dibutuhkan kepolisian sehingga belum dibongkar. Karena itu kami akan berkoordinasi dengan kepolisian lebih dahulu,” papar dia.

Menurut dia, penutupan dilakukan pada Minggu kira-kira pukul 18.30 WIB sambil menunggu arus lalu lintas dari Ngawi yang masuk pukul 17.00 WIB sampai di Ngasem. Selanjutnya, ungkap Ngadino, pelaksana tol akan mengerjakan volume pekerjaan yang belum rampung.

Karena tol ini ditarget rampung pada 2018, PT SNJ juga harus segera merampungkan proyek tol yang belum rampung. Volume kendaraan yang melintas di pintu tol Ngasem hingga pukul 14.00 WIB ada 2.017 unit mobil. Total kendaraan yang melintas di tol Ngasem sejak H-7 Lebaran sampai H+7 Lebaran tercatat 38.797 unit mobil.

“Secara keseluruhan jumlah mobil yang melintas di tol Ngasem semakin hari semakin menurun. Hari ini jumlah kendaraan yang melintas lebih sedikit dibanding pada Sabtu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya