SOLOPOS.COM - Sejumlah pengendara motor terlihat melintasi jalan tol Soker pada hari pertama pembukaan untuk arus mudik Lebaran, Senin (19/6/2017). (Aries Susanto/JIBI/Solopos)

Mudik Lebaran 2017, lalu lintas di tol Soker masih landai pada hari pertama pintu Ngasem dan Klodran dibuka.

Solopos.com, BOYOLALI — Arus lalu lintas di hari pertama tol Solo-Kertosono (Soker) dibukan untuk jalur mudik Lebaran 2017, Senin (19/6/2017), masih sepi. Sejumlah pengendara sepeda motor masih sering terlihat di ruas tol Soker dan melawan arus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com, Senin, pengendara yang melintasi tol Soker rata-rata didominasi kendaraan lokal dari Soloraya dan sekitarnya. Mereka rata-rata hanya ingin menjajal melintasi tol Soker setelah resmi dibuka untuk arus mudik dan arus balik Lebaran.

Kondisi sebaliknya terjadi di jalan raya Solo-Semarang yang terpantau padat lancar. Sebagian kendaraan rata-rata memilih lurus mengikuti jalan raya ketimbang jalur tol.

Dugaan sementara, belum banyak pemudik yang tahu tol Soker sudah bisa dilewati pemudik. Pada saat yang sama, di sejumlah perlintasan sebidang masih terlihat aktivitas warga yang melintasi tol. Rata-rata didominasi kendaraan roda dua.

Mereka ada yang langsung menyeberang jalan tol, namun ada pula yang nekat melintasi tol Soker dengan mengendarai sepeda motor. Bahkan, ada yang melawan arus.

“Tol memang masih terlihat lengang. Hanya kendaraan lokal yang melintas,” ujar Kapolsek Ngemplak, KP Joko Widodo, kepada Solopos.com, Senin (19/6/2017).

Joko menempatkan sekitar 20 anggotanya di sejumlah perlintasan dengan sistem sif. Jumlah petugas itu sudah di-back up dari personel Polres Boyolali.

“Sebagian pengendara motor yang melintas dan kami ketahui ya kami ingatkan. Mereka pikir jalan tol masih sepi mungkin,” tambahnya.

Petugas jasa pospam di pintu tol Ngasem, Edhie, mengatakan arus lalu lintas pemudik yang melintasi tol Soker terpantau lancar. Belum ada kepadatan berarti di hari pertama itu.

“Satu-dua pemudik ada yang lewat, tapi enggak kerap. Rata-rata kendaraan lokal,” paparnya.

Edhie memastikan pukul 17.00 WIB, tol Soker kembali ditutup. Edhie akan menyampaikan berapa jumlah kendaraan yang melintas selama setengah hari itu.

“Tadi dibuka pagi hari, lalu ditutup sementara untuk apel pembukaan. Lantas dibuka lagi pukul 10.15 WIB,” paparnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya