SOLOPOS.COM - Ilustrasi KA Sembrani (Youtube,com)

Mudik Lebaran 2015 mendapatkan perhatian khusus PT Kereta Api Indonesia (KAI). Perjalanan KA Sembrani pun tambah panjang.

Madiunpos.com, JEMBER – Kereta Api (KA) Sembrani jurusan Jakarta-Surabaya memperpanjang perjalanannya hingga Stasiun Jember. Perpanjangan rute tersebut berlaku hanya lima hari selama masa mudik Lebaran 2015, Senin-Jumat (13-17/7/2015).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“KA Sembrani berangkat dari Stasiun Jember pukul 12.55 WIB dan perjalanan perdana dari Jember berjalan lancar, meskipun jumlah penumpang tidak terlalu banyak pada hari pertama ini,” kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) IX Jember, Eko Sri Mulyanto di Stasiun Jember sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara, Selasa (14/7/2015).

Menurutnya, rute kereta kelas eksekutif itu biasanya dari Jakarta-Semarang-Surabaya di Stasiun Pasar Turi, Surabaya. Namun, banyak permintaan masyarakat yang menginginkan KA Sembrani meneruskan perjalanan hingga Jember selama masa mudik Lebaran 2015.

“Warga Jember yang ingin pergi ke Jakarta tidak perlu repot untuk membeli tiket terusan di Stasiun Pasar Turi karena saat ini ada KA Sembrani yang memperpanjang perjalanannya hingga ke Jember,” tuturnya.

Jadwal keberangkatan KA Sembrani yang diperpanjang perjalanannya dengan rute Surabaya-Jember selama masa mudik Lebaran 2015 itu dari Stasiun Pasar Turi Surabaya ialah pukul 06.05 WIB. Kereta api itu dijadwalkan tiba di Stasiun Jember pada pukul 10.11 WIB. Sedangkan, sebaliknya rute Jember-Surabaya, berangkat dari Stasiun Jember pada pukul 12.55 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Turi Surabaya pukul 16.58 WIB.

“KA kelas eksekutif itu membawa rangkaian tujuh kereta penumpang ditambah satu kereta makan dan satu kereta pembangkit, serta satu kereta aling-aling [kereta pelindung],” katanya.

Selama perjalanan dari Jember menuju Surabaya, lanjut dia, kereta kelas eksekutif itu hanya berhenti di Stasiun Tanggul dan Probolinggo sehingga penumpang bisa menempuh perjalanan dari Jember menuju Surabaya lebih cepat. “Harga tiket KA Sembrani Rp160.000 dari Surabaya menuju Jember, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan kereta kelas eksekutif itu ke Surabaya atau meneruskan ke Jakarta,” ujarnya.

Operasional KA kelas eksekutif Sembrani dengan rute Surabaya-Jember selama lima hari masa mudik Lebaran 2015 itu juga disebut-sebut sebagai langkah PT KAI antisipatif melonjaknya jumlah calon penumpang kereta akibat dampak erupsi Gunung Raung. Selama Gunung Raung meletus, sejumlah bandara ditutup dan warga yang biasa menumpang pesawat udara memindahkan rute perjalanan mereka dengan moda angkutan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya