SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng Irjen Pol Dwi Priyatno bersama Muspida Klaten mengecek pospam Lebaran Klaten (Moh Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Kapolda Jateng Irjen Pol Dwi Priyatno bersama Muspida Klaten mengecek pospam Lebaran Klaten (Moh Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Kapolda Jateng Irjen Pol Dwi Priyatno bersama Muspida Klaten mengecek pospam Lebaran Klaten (Moh Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Dwi Priyatno, memprediksi puncak arus balik Lebaran bakal terjadi pada H+2 atau Sabtu (10/8/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu dikemukakan Kapolda Jawa Tengah saat meninjau Pos Pengamanan (Pospam) Mudik Lebaran di Prambanan, Klaten, Rabu (7/8/2013). Pada kesempatan itu, Kapolda mengatakan puncak arus mudik Lebaran sudah lewat yakni pada H-2 dan H-3 Lebaran.
“Secara umum ada penurunan jumlah kendaraan lalu lintas saat mudik Lebaran tahun ini. Khusus pemudik yang menggunakan sepeda motor saat ini turun hingga 40% dibandingkan tahun lalu,” papar Kapolda saat ditemui wartawan di lokasi.

Dwi Prayitno memprediksi puncak arus balik Lebaran terjadi pada H+2 atau Sabtu mendatang. Menurutnya, rata-rata pada Senin (12/8/2013), diperkirakan warga sudah kembali beraktivitas seperti biasa di Ibu Kota.

“Karena Senin sudah masuk kerja, jadi Sabtu akan terjadi puncak arus balik,” katanya.

Kapolda mengklaim, jumlah kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah saat mudik hingga H-1 Lebaran kali ini mengalami penurunan hingga 25% dibandingkan tahun lalu.

Dia juga mengklaim jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas saat mudik Lebaran turun 54% dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah korban meninggal dunia saat arus mudik Lebaran dalam lima hari terakhir tercatat 34 kasus atau rata-rata enam kasus per hari.

Sementara jumlah korban meninggal dunia pada tahun lalu rata-rata mencapai belasan kasus per hari.

“Kami tetap akan menyiapkan anggota menjadi pagar betis di sepanjang arus balik Lebaran. Mereka akan berjaga di titik-titik yang rawan kecelakaan lalu lintas,” papar Kapolda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya