SOLOPOS.COM - Pemudik bersepeda motor mengantre di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. (JIBI/Solopos/Antara/Kristian Ali)

Pemudik Bakauheni

Pemudik bersepeda motor mengantre di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Senin (12/8/2013).(JIBI/Solopos/Antara/Kristian Ali)

Solopos.com LAMPUNG — Ribuan calon penumpang telantar di Pelabuhan Bakauheni, akibat antrean panjang di loket untuk mendapatkan tiket pada arus balik Lebaran 2013. Kantor Berita Antara yang melakukan pemantauan di Bakauheni, Lampung Selatan, Senin (12/8/2013), mengungkapkan penumpang pejalan kaki terlantar karena mengantre berjam-jam, namun belum juga mendapatkan tiket kapal yang akan membawanya menuju Merak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ribuan penumpang saling berdesak-desakan antre untuk mendapatkan tiket tersebut. Antrean penumpang ini sudah melebihi jalur antrean yang disediakan hingga mengular hingga ratusan meter atau sampai areal parkir terminal bus. Petugas membuatnya berkelok-kelok mengular agar tetap tertampung di tempat tersebut.

Sebagian penumpang antre di bawah terik matahari karena lokasi antrean yang disediakan tidak mampu lagi menampung membludaknya penumpang pejalan kaki dari terminal Induk Rajabasa. Tujuh loket tiket yang disediakan, penuh dengan lautan manusia yang ingin menyeberang ke Merak, sebagian penumpang memilih pulang hari ini karena mulai bekerja pada Selasa (13/8/2013).

Sebelumnya Manajer Operasional ASDP Bakuheni Heru Purwanto, semula memperkirakan puncak arus balik terjadi pada H+1 dan H+2 Lebaran. “Pada H+2 merupakan puncak arus balik yang volumenya tertinggi,” katanya.

Ia melanjutkan, arus balik Lebaran akan berlangsung hingga hari Kamis (15/8) atau pada H+6 dan volume penumpangnya lebih kecil dibanding pada H+2. Sementara itu, hasil pantauan di Pelabuhan Bakauheni pada Senin siang lonjakan penumpang arus balik pemudik terus bertambah. Arus balik pemudik makin ramai, baik yang menggunakan kendaraan pribadi, bus maupun motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya