SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Banyak pemudik diperkirakan sudah kembali ke Jakarta, Minggu (11/8/2013) ini. Bus-bus pembawa perantau itu, Minggu siang, dilaporkan berdatangan di Terminal Kota Depok, Jawa Barat, di Jl. Margonda Raya. Terminal Pulo Gadung sebagai tujuan utama sebagian besar pemudik pun bersiap-siap.

Bus-bus pembawa perantau yang berdatangan di Terminal Kota Depok umumnya datang dari pelbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Barat, seperti Sukabumi, Pemalang, Tegal, Solo, Banjar, dan Jogja.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Suasana Terminal Kota Depok tidak terlihat mencolok dengan kehadiran pemudik yang meramaikan arus balik karena jumlahnya yang tidak terlampau banyak. Beberapa bus terlihat menurunkan penumpang di luar terminal, seperti di Simpangan Depok atau daerah Margonda lainnya.

Kabar mulai hadirnya kembali para perantau yang kembali ke wilayah Jabodetabek di terminal pinggiran itu tentu direspons antisipatif oleh Terminal Pulo Gadung sebagai salah satu terminal utama Kota Jakarta. “Saat ini kami sedang fokus terhadap arus balik. Siap menyambut warga yang sudah selesai merayakan Lebaran dan kembali ke Jakarta,” kata Pelaksana Harian Kepala Terminal AKAP Pulogadung Adji Kusambarto di Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu.

Menurut Nur pihaknya telah mempersiapkan sejumlah fasilitas penunjang, antara lain posko keamanan, posko kesehatan dan tenda-tenda yang bisa digunakan pemudik untuk menunggu jemputan atau yang lainnya. “Selain itu, bagi ibu-ibu yang ingin menyusui dapat menggunakan ruangan-ruangan kosong yang ada di terminal ini, nanti akan kami amankan ruangannya,” ujar Adji.

Adji menambahkan, lampu-lampu penerangan jalan umum (PJU) juga sudah diperbarui sehingga terminal menjadi jauh lebih terang pada malam hari. Selain posko, tenda dan lampu, sambung Adji, pihak terminal juga telah menyiapkan angkutan malam hari (amari) untuk mempermudah penumpang mencapai tempat tujuan setibanya di Jakarta.

“Bagi penumpang yang baru tiba di Jakarta pada malam hari, kami menyediakan angkutan malam yang bervariasi, yakni bus kecil, bus sedang dan bus besar,” tutur Adji.

Adji mengungkapkan pihaknya juga telah mewanti-wanti agar angkutan-angkutan umum, seperti mikrolet, Metromini dan Kopaja beroperasi hingga larut malam. “Selain angkutan umum itu, Busway Trans Jakarta juga sudah sangat membantu karena beroperasi sampai jam 23.00 WIB. Namun, akan lebih membantu lagi kalau mikrolet dan lain-lainnya juga menambah jam operasinya,” tambahnya.

Adji memperkirakan puncak arus balik Lebaran baru akan terjadi pada malam hari ini dan Senin (12/8/2013) besok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya