SOLOPOS.COM - Ilustrasi lakalantas musim mudik Lebaran 2013 (dok. Solopos.com)

ilustrasi (JIBI/dok)

ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA--Mabes Polri mencatat adanya penurunan kecelakaan pada arus mudik tahun 2013. Menurut Kabag Penum Mabes Polri Kombes Pol Agus Rianto penurunan tingkat kecelakaan mencapai 33 persen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dari data yang kita himpun dari H-7 sampai hari H jumlah kecelakaan ada 1598 kejadian. Dibandingkan dengan tahun 2012 dengan waktu yang sama kecelakaan yang terjadi sampai 2.377 berarti mengalami penurunan 33 persen,” ujar Agus dalam rilis di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, seperti dilansir detikcom, Sabtu (10/8/2013).

Ekspedisi Mudik 2024

Agus mengatakan, dari jumlah kecelakaan pada H-7 sampai hari H di tahun 2013 sebanyak 331 orang meninggal dunia, 527 luka berat dan sebanyak 1.970 luka ringan. Untuk kendaraan yang terlibat kecelakaan lalin sampai hari H sebanyak 2.747 kendaraan.

“Masih didominasi motor dengan 1897 sepeda motor, mobil pribadi 424, Bis 109, barang 232. Kalau dibandingkan tahun lalu turun sekitar 25 persen, karena tahun lalu kendaraan yang terlibat sebanyak 3686,” ujar Agus.

Agus mengatakan, banyak faktor yang mempengaruhi penurunan ini. Salah satunya dikarena infrastruktur yang ada sudah semakin memadai.

“Selain itu kesiapan pemerintah dalam persiapan sarana dan prasarana semakin baik, kesiapan aparat tertama di jalur yang dilintasi pemudik dan adanya kesadaran masayarakat yang tinggi oleh karena itu Kepolisian sampaikan terima kasih,” imbuh Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya