SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pemudik (Dok/JIBI/Bisnis)

Ilustrasi Pemudik (Dok/JIBI/Bisnis)

Ilustrasi Pemudik (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA–Kementerian Perhubungan mencatat total jumlah penumpang yang menggunakan moda angkutan umum baik darat, laut, kereta api, maupun udara pada angkutan Lebaran 2013 mencapai 16,64 juta orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jumlah tersebut naik 1,26% dari periode yang sama tahun 2012, yakni 16,44 juta penumpang. Data tersebut berdasarkan pantauan Posko Terpadu Tingkat Nasional yang dilakukan selama masa angkutan Lebaran dari H-7 sampai dengan H+7.

Menteri Perhubungan, EE Mangindaan mengatakan secara umum penyelenggaraan angkutan Lebaran pada tahun ini lebih baik dibandingkan dengan penyelenggaraan tahun lalu. Hal itu nampak dari beberapa fakta penyelenggaraan yang menunjukan perbaikan.

“Total jumlah penumpang transportasi umum baik darat, laut, kereta api, maupun udara naik 1,26% dari tahun sebelumnya yakni dari 16.437.107 penumpang menjadi 16.643.083 penumpang,” katanya dalam pidato penutupan Posko Terpadu Tingkat Nasional di Kemenhub, Selasa (20/8/2013).

Menhub mengatakan dengan memperhatikan evaluasi sementara pada H+3 yang menunjukan sebagian penumpang diperkirakan belum kembali karena masih ada masa liburan, Kemenhub memperpanjang Posko Lebaran hingga ditutup pada hari ini, pukul 08.00 WIB.

Selain itu, data Kemenhub menunjukan jumlah orang yang menggunakan mobil pribadi pada tahun ini turun 16,47% dari tahun lalu yakni dari 5,49 juta penumpang menjadi 4,58 juta penumpang. Penurunan juga terjadi pada pengguna sepeda motor yang turun hingga 33,97% menjadi 2,51 juta penumpang dari tahun lalu 3,80 juta penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya