SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI)

Ilustrasi Pemudik (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Pemudik (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI–Jumlah pemudik yang menggunakan bus sebagai sarana mudik dan balik pada Lebaran tahun 2013 berkurang sekitar 10% dibandingkan tahun 2012.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Data Posko Lebaran Terminal Induk Giri Adipura, Wonogiri menunjukkan jumlah penumpang datang dan berangkat selama masa mudik dan balik Lebaran masing-masing mencapai 36.000 orang dan 34.000 orang. Sementara tahun 2012, pada kurun waktu yang sama jumlah penumpang datang dan berangkat menembus angka 41.000 orang dan 34.000 orang.

Ekspedisi Mudik 2024

Wakil Kepala Terminal Induk Giri Adipura, Sunarto, mewakili Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal, Haryadi, dan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Ismiyanto, mengatakan berkurangnya jumlah pemudik yang menggunakan bus sebenarnya sudah terdeteksi dari tahun ke tahun.

“Dari tahun ke tahun jumlah pemudik pakai bus turun. Termasuk juga untuk tahun ini. Memang di luar prediksi, yang sebelumnya diprediksi naik 10%. Ya mungkin karena taraf hidup makin baik, pemudik pilih pakai kendaraan pribadi,” urai Sunarto, saat dihubungi Solopos.com, akhir pekan kemarin.

Menurut Sunarto, ada beberapa alasan mengapa jumlah pemudik yang menggunakan bus berkurang. Di antaranya, terkait kepemilikan kendaraan pribadi yang membuat pemudik beralih dari bus, dan kondisi ekonomi yang sulit sehingga membuat sebagian perantau memilih tidak mudik.

Ditanya mengenai maraknya penggunaan bus pariwisata dan bus bantuan program mudik gratis, Sunarto memastikan bus-bus yang masuk kategori bus nonreguler tersebut tetap didata. Dengan demikian, penurunan jumlah pemudik di Terminal Induk Giri Adipura bukan karena aktivitas bus pariwisata.

“Semua bus kami data. Termasuk yang pariwisata dan bantuan mudik gratis. Jadi tidak ada yang tidak masuk pendataan. Artinya, berkurangnya pemudik bus memang mewakili kondisi sebenarnya,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya