SOLOPOS.COM - Dua pegawai Kemenhub menata data calon pemudik pada hari pertama pendaftaran mudik gratis di Kantor Kemenhub Jakarta, Selasa (16/7/2013). Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub membuka pendaftaran mudik gratis bagi pengendara sepeda motor hingga 30 Juli 2013 untuk pengiriman sepeda motor ke 12 kota tujuan di Pulau Jawa serta Lampung. (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A)

Dua pegawai Kemenhub menata data calon pemudik pada hari pertama pendaftaran mudik gratis di Kantor Kemenhub Jakarta, Selasa (16/7/2013). Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub membuka pendaftaran mudik gratis bagi pengendara sepeda motor hingga 30 Juli 2013 untuk pengiriman sepeda motor ke 12 kota tujuan di Pulau Jawa serta Lampung. (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A)

Dua pegawai Kemenhub menata data calon pemudik pada hari pertama pendaftaran mudik gratis di Kantor Kemenhub Jakarta, Selasa (16/7/2013). (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A)

Solopos.com, JAKARTA — Dua kapal disiapkan pemerintah untuk mengantar pemudik bersepeda motor yang hendak melakukan perjalanan mudik dari dari ibu kota negara ke Jawa Tengah. Siaran pers Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang diterima awak media di Jakarta, Rabu (17/7/2013), menyebutkan kedua kapal itu adalah KM Dobonsolo dan KRI Banda Aceh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemudik yang ingin memanfaatkan layanan mudik gratis tersebut bisa mendaftarkan diri melalui Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jakarta di Jl Palmas No 1 Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Kantor PT Pelni dan agennya, serta Kantor Kolinlamil untuk anggota TNI. Pendaftar wajib membawa fotokopi surat tanda nomor kendaraan (STNK) serta fotokopi identitas diri yang masih berlaku.

Pemberangkatan pemudik menggunakan KM Dobonsolo akan dilakukan pada 3 Agustus 2013 pukul 10.00 WIB dan tanggal 5 Agustus 2013 pukul 16.00 WIB dari Tanjung Priok ke Tanjung Emas. Sementara itu, pengangkutan penumpang pada arus balik akan dilakukan dari Pelabuhan Tanjung Emas ke Pelabuhan Tanjung Priok tanggal 12 Agustus 2013, pukul 16.00 WIB.

KRI Banda Aceh akan mengangkut pemudik dan sepeda motor mereka dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Emas pada 4 Agustus 2013 Pukul 10.00 WIB dan 6 Agustus 2013 pukul 10.00 WIB. KRI Banda Aceh akan mengangkut penumpang pada arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas ke Pelabuhan Tanjung Priok tanggal 13 Agustus 2013, pukul 10.00 WIB.

Program mudik gratis dengan kapal itu diharapkan bisa mengurangi beban jalan raya darat di sepanjang jalur pantai utara (Pantura) Pulau Jawa selama musim arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Pemerintah tampak getol mengurangi jumlah pengendara sepeda motor pada musim mudik Lebaran 2013.

Sebelumnya Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dikabarkan menawarkan angkutan gratis bagi para pemudik bersepeda motor dengan tujuan Solo dan Purwokerto dengan bus dan juga layanan pengangkutan sepeda motor gratis bagi pemudik dengan truk ke 12 tujuan mudik. Di sisi lain, Direktorat Jenderal Perkeretaapian menawarkan mudik gratis angkutan sepeda motor dengan kereta api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya